Pangdam Salut dan Bangga Kerukunan Beragama di Wilayah Suluttenggo - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, August 18, 2017

Pangdam Salut dan Bangga Kerukunan Beragama di Wilayah Suluttenggo

MANADO,Sedikitnya lima ribu orang warga kota Manado dan sekitarnya,Kamis(17/8/2017)memadati Makodam XIII Merdeka dalan rangka mengikuti kegiatan”Doa bersama 171717″.

Kegiatan Doa bersama 171717 yang digagas Panglima TNI jenderal TNI Gatot Nurmantyo itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Khusus di Manado,nampak dihadiri seluruh tokoh agama dan pemeluk agama yakni Katholik,Kristen Protestan,Budha,Hindu dan agama Kong Hu Chu.

Sejak pukul 04.00 sore hari para umat beragama yang terdiri dari orang dewasa,lansia dan remaja serta pemuda telah berdatangan dan menempati lokasi yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana.

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito yang turut larut dalam kegiatan doa bersama itu kepada Wartawan mengatakan sangat puas atas berlangsungnya kegiatan doa bersama ini,yang diyakininya telah dihadiri oleh seluruh tokoh agama di Kota Manado.”Saya patut mengapresiasi komitmen,kesadaran dan dukungan umat beragama pada kegiatan ini,dimana meski diguyur hujan deras tetap setia dan khusyuk berdoa sesuai dengan ajaran agama masing-masing.”ungkap Ganip,sapaan akrab Pangdam XIII Merdeka ini.

Ganip menegaskan,sesuai dengan arahan Panglima TNI,kegiatan doa bersama dilaksanakan atas dasar keprihatinan dan kepedulian TNI atas kondisi bangsa Indonesia yang sedang mendapat tantangan dan ancaman yang menyangkut ideologi bangsa,ancaman perpecahan serta gangguan keutuhan NKRI.”Saya meyakini,bahwa kehadiran ribuan umat beragama saat ini sebagai satu bukti nyata untuk tetap menyatu dan bersama dalam bingkai NKRI.”tegas Ganip.

Untuk itu kata Ganip pelaksanaan Doa bersama 171717 yang terangkai pada perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Tahun 2017 menjadi satu momentum evaluasi,instropeksi diri bagi pelaksanaan tugas dan kesetian terhadap bangsa dan negara serta bentuk dukungan nyata bagi TNI dan pemerintah dalam mengatasi dan mencegah berbagai ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia,khusus pemerintah daerah yang ada diwilayah Kodam XIII Merdeka yakni Provinsi Sulut,Gorontalo dan Sulteng.”Pelaksanaan doa bersama ini bakal ditindak lanjuti dengan kegiatan yang sama secara rutin pada seluruh jajaran Kodam XIII Merdeka.”tandas Ganip sambil menyatakan kekaguman dan kebanggaan serta terharu atas semangat toleransi antar sesama umat beragama yang dibuktikan kehadiran sekitar lima ribuan umat beragama guna mensukseskan doa bersama 171717 ini di Makodam serta pada satuan lain dalam teritorial Kodam XIII Merdeka yang tersebar diWilayah Provinsi Sulut,Sulteng dan Gorontalo(Suluttenggo).

Kegiatan doa bersama ini turut dihadiri oleh ketua MUI Sulut,Uskup Manado,petinggi agama Kristen Protestan,Budha,Kong Hu Chu serta petinggi agama Hindu di kota Manado.

Kepala penerangan Kodam (Kapendam)XIII Merdeka Kolonel Inf Andi Suryadharman mengatakan adapun teknis pelaksanaan doa bersama ini,sebelum liturgi sesuai dengan agama masing-masing dimulai,terlebih dahulu dilakukan pembacaan sambutan Panglima TNI Gatot Nurmantyo oleh perwira staf Kodam XIII Merdeka yang telah ditunjuk,setelah itu tepat pukul 05.00 wita rangkaian doa bersama dimulai hingga selesai.”Rangkaian doa bersama 171717 ini berjalan dengan baik,lancar,aman dan tertib sesuai dengan rencana.”ujarnya.

Andi menambahkan,selain kegiatan doa bersama yang diakhiri dengan makan bersama di lapangan Makodam,pada kesempatan itu juga dilaksanakan upacara penurunan bendera yang sempat menarik perhatian warga yang hadir saat itu.”Atas nama Pangdam XIII Merdeka kami menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah daerah,tokoh agama dan umat beragama yang telah mendukung kesuksesan doa bersama ini,baik yang dipusatkan di Makodam XIII Merdeka,seluruh Kodim dalam jajaran Korem 131 Santiago dan Korem 132 Tadulako.”tandasnya.

Kegiatan doa bersama ini dihadiri oleh Kasdam XIII Merdeka,Irdam XIII Merdeka,para Asisten Kasdam XIII Merdeka,para perwira staf dan prajurit,pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII Merdeka bersama keluarga besar serta ASN Kodam XIII Merdeka dan anggota Kepolisian di Manado.

Sebelum menghadiri doa bersama di Makodam,sebelumnya Pangdam XIII Merdeka mengikuti kegiatan upacara HUT Proklamasi RI ke-72 Tahun 2017 tingkat Provinsi Sulut dari penaikan hingga penurunan bendera
yang dipusatkan di Lapangan KONI Sario,Manado bersama pimpinan TNI dan Polri serta unsur Forkompimda Provinsi Sulut.(Nando)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages