386 Aparat Gabungan TNI POLRI Sukses Amankan Deklarasi Kampanye Damai - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, February 20, 2018

386 Aparat Gabungan TNI POLRI Sukses Amankan Deklarasi Kampanye Damai

MINAHASA – SEBANYAK 386 aparat gabungan yang terdiri dari 232 Anggota Polres Minahasa, 126 personil Kodim1302/Minahasa dan 28 pesonil Kodim 1309/Manado, turut serta amankan pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai dan Road Show dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018 di lapangan Samratulangi Tondano/God Bless Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) pada Minggu (18/02) pukul 15.00 WITA.

Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung SIK
Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung SIK mengatakan, suksesnya Deklarasi Kampanye Damai 2 (dua) paslon sesuai nomor urut 1 (satu) Ivan Sarundajang-Careigh Naicel Runtu atau (Ivansa-CNR) dan Royke Roring-Robby Dondokambey atau (RR-RD) yang digagas Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa tak lepas dari kerjasama TNI/POLRI. Ratusan aparat disiapkan untuk mengamankan dan mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan. “Kami Polres Minahasa menyiapkan 232 personil untuk berjaga di lapangan Sam Ratulangi serta mengawal Road Show dua pasangan calon bersama para pendukung mengeliling Danau Tondano. Dan perlu diketahui bersama, pengamanan ini bukan berhenti sampai disini namun terus berlanjut sampai ditetapkannya Bupati dan Wakil Bupati Minahasa terpilih hingga kedua pendukung dan masyarakat merasa nyaman dan aman,” tegas Pusung didampingi Kasubag Humas AKP Hilman Rohendi. Kapolres menghimbau dalam melakukan kampanye maupun road show selanjutnya, selalu mematuhi aturan yang telah disepakati dan saling menjaga dan mengingatkan keamanan dan ketertiban bersama.
“Para pendukung agar mematuhi semua aturan, agar tidak terjadi gesekan yang menyebabkan perkelahian antar pendukung. Mari kita saling mengingatkan baik itu dari calon, partai politik pengusung maupun para pendukung agar menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye hingga Pilkada nanti. Kita berharap Pilkada ini berjalan aman damai dan tentram,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf. Juberth Nixon Purnama STh. Menurut Nixon, sebelum anggotanya diterjunkan, beberapa arahan disampaikannya agar dalam menjalankan pengamanan tetap berpegang pada prosedur pengamanan atau propam.
“Sebelumnya saya sudah tekankan kepada seluruh anggota Kodim 1302/Min dan Kodim 1309/Mdo, agar laksanakan tugas dengan baik, pedomani prosedur pengaman yang ada, kita harus selalu berdampingan dengan aparat kepolisian dalam melaksanakan pengamanan ini, selalu bersinergi, bangun koordinasi dan komunukasi yang baik di lapangan hingga kampanye damai berjalan dengan baik, aman dan terkendali,” katanya. Sementara Ketua Panwaslu kabupaten Minahasa Dony Rumagit berpendapat bahwa kedua paslon dan pendukung, penting menjaga dan mentaati aturan yang berlaku. Pasalnya, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) akan selalu melaksanakan tugas dan kewenangannya.
“Kami selaku Panwaslu menyampaikan bahwa kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa termasuk para pendukung agar mentaati aturan yang berlaku dalam pemilu ini. Kami akan mengawasi betul setiap tahapan yang akan dilalui kedua paslon. Selalu berkomitmen agar kampanye damai anti hoax/anti berita bohong, stop kampanye SARA, anti politisasi SARA, tidak dibenarkan politik uang. Bila ditemui akan kami tidak tegas,” tandasnya.Hadir dalam deklarasi kampanye damai antara lain sekretaris daerah kabupaten Minahasa, Jefrry R Korengkeng, Asisten Satu Kabupaten Minahasa, Kapolres Manado, Mewakili Kapolres Tomohon, para Rohaniawan, para Komisioner KPU Kabupaten Minahasa, Ketua Panwas Kabupaten Minahasa, mewakili KPU Provinsi Sulawesi Utara, Dua Paslon Ivansa – CNR dan ROR – RD serta massa masing-masing pendukung.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages