Demi Tercapainya Ketahanan Pangan Babinsa Ramil 1304-04/Tapa dan Petugas BP3K Periksa Hama Penggerek Padi - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, March 15, 2018

Demi Tercapainya Ketahanan Pangan Babinsa Ramil 1304-04/Tapa dan Petugas BP3K Periksa Hama Penggerek Padi

Gorontalo.   -Hama Penggerek batang Padi adalah hama yang tergolong pengganggu utama. Hama ini menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman mulai dari persemaian hingga menjelang panen. Hama merupakan salah satu faktor  dari sekian banyak hambatan dalam produksi Padi. Padi merupakan tolak ukur utama dalam suksesnya program ketahanan pangan, yang sudah menjadi instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo kepada TNI-AD. Dalam hal ini Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dalam ikut mensukseskan program ketahan pangan harus bekerja keras dengan optimal dalam mengatasi berbagai permasalahan – permasalahan yang dihadapi oleh para Petani dalam produksi pangan. Petani sangatlah merasa terbantu dengan hadirnya Babinsa yang ikut dalam pendampingan pertanian,  tidak hanya mendata saja Babinsa juga harus turun langsung ke lapangan melihat kondisi dan kendala-kendala tangsung di lapangan.

Demi tercapainya ketahanan pangan yang sudah menjadi tanggung jawab TNI AD dan Kementrian Pertanian Babinsa Ramil 1304-04/Tapa Serka Eko Panangi bersama Petugas POPT, Kepala BP3K, Mantri Tani, Penyuluh swasta dan Ketua kelompok tani tekad makmur melaksanakan pengamatan hama di Desa Bulotalangi Barat Kec Bulango Timur milik kelompok Tani Tekad Makmur yang diketuai oleh ibu Nako Dari hasil identifikasi dan pengamatan dilapangan, dihamparan kelompok Tani Tekad Makmur 1 Desa Bulotalangi Barat ditemukan adanya gejala serangan Hawar Daun Bakteri (HDB) dan penggerek batang. Solusi dari Babinsa Serda Eko Panangi untuk pengendalian, dilakukan pengeringan lahan sampai pada kondisi macak-macak, Penggunaan Agensi Hayati. dan pengendalian pestisida dengan mengunakan nordox. Dan untuk mencegah penyebaran hama ke sawah-sawah yang lain maka akan di lakukan Gerakan Pengendalian Massal yang rencanaya seluruh sawah Kelompk tani seluas 25 Hektar akan di lakukan peyemprotan secara serentak.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages