Kunjungan SMA N 1 Yogyakarta ke Museum Jenderal Besar Sudirman - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, May 25, 2022

Kunjungan SMA N 1 Yogyakarta ke Museum Jenderal Besar Sudirman


Musmonpus, SMA N 1 Yogyakarta mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman Balakmusmonpus yang beralamat di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kunjungan dilaksanakan pada Rabu, 25 Mei 2022..

Berkunjung ke museum adalah cara yang menyenangkan untuk belajar sejarah terutama bagi pelajar. Tak terkecuali bagi siswa SMA N 1 Yogyakarta yang mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman, 

Pjs. Kepala Museum Jenderal Besar Sudirman, Mayor Caj Heru Santoso mengatakan, rombongan terdiri dari 36 orang siswa jurusan IPS yang didampingi oleh Pak Priyanto. Dalam kunjungan ini dijelaskan mengenai perjuangan  Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan RI meskipun beliau dalam kondisi sakit. Para siswa sangat antusias dan aktif bertanya dalam menerima penjelasan dari pemandu. Kemudian pemandu juga menyampaikan pesan moral dari Pangsar Jenderal Sudirman yaitu "Janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya. Sebatang lidi tidak akan berarti apa-apa tetapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala-galanya." Artinya betapa sangat pentingnya jiwa persatuan dan kesatuan, jangan sampai kita mau diadu domba dan dipecah belah oleh kelompok tertentu seperti yang dilakukan oleh para penjelajah dulu. Banyak pelajaran yang dapat mereka ambil dari kegiatan tersebut.

Kabalakmusmonpus Kolonel Inf Drs. Andi Muhammad Suryadarman, M.H. menanggapi kunjungan dengan positif. Kolonel Inf Drs. Andi Muhammad Suryadarman, M.H. mengatakan, kunjungan pelajar seperti ini penting untuk belajar sejarah. Adanya masa kini adalah karena adanya masa lalu. Masa depan pun bertumpu pada masa kini. Itulah perjalanan hidup berbangsa dan bernegara.

Pesan moral yang dapat diambil oleh para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa adalah bahwa jangan pernah melupakan Jas Merah, artinya jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages