LAPORAN KORPS PERWIRA MENENGAH - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, August 6, 2011

LAPORAN KORPS PERWIRA MENENGAH

KOMANDAN KOREM 131/SANTIAGO

AMANAT
PADA ACARA LAPORAN KORPS
PERWIRA MENENGAH KOREM 131/SANTIAGO

HARI/TGL : SABTU, 23 APRIL 2011
PUKUL : 11.00 WITA
TEMPAT : AULA MAKOREM 131/STG

Syaloom;

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh; Salam sejahtera bagi kita semua; Om Swastiastu;

Yang saya hormati Letkol Inf Echsan Sutadji, S.Sos dan Letkol Czi Tatok Djoko Rahmono masing-masing beserta istri;


Yang saya hormati para Dandim, dan para Komandan/Kasatdisjan jajaran Korem 131/Santiago;

Yang saya hormati Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koor-cabrem 131 PD VII/Wirabuana beserta Ibu-ibu pengurus;

Para Kasi Korem 131/Santiago dan seluruh perwira yang berbahagia;

Selaku insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita terlebih dahulu memanjatkan puji dan syukur keha-dirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti acara laporan korps penye-rahan tugas dan tanggung jawab jabatan Kasrem 131/Santiago Letkol Inf Echsan Sutadji, S.Sos, serah terima jabatan Dandim 1304/ Gorontalo dari Letkol Czi Tatok Djoko Rahmono kepada Letkol Inf Ruslan Efendi, penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Kasipersrem 131/Santiago kepada Letkol Inf RN Budiman dan penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Pasikomsos dari Mayor Inf Ferry Musawwad yang berlangsung dalam suasana tertib dan khidmad.

Berkenaan dengan hal tersebut, kepada para pejabat yang baru saja menyerahkan dan yang menerima jabatan, saya ucapkan “selamat”. Semoga serah terima dan penyerahan jabatan ini dapat dijadikan sebagai pendorong semangat untuk lebih berprestasi dalam pengabdian selan-jutnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Proses penyerahan dan peneri-maan jabatan serta alih tugas di lingkungan TNI adalah suatu kebu-tuhan yang berkaitan dengan upaya pembinaan personel dalam rangka tour of area dan tour of duty serta sekaligus untuk memenuhi kebutuhan organisasi agar menjadi lebih dinamis. Dalam konteks ini, siapapun yang dipercaya menempati jabatan dalam struktur TNI, bukan hanya karena perwira tersebut harus memenuhi kriteria prestasi, dedikasi dan loyalitas melalui pengamatan perjalanan karier yang bersangkutan, tetapi juga dalam rangka pengembangan karier dan penempaan berkelanjutan untuk mem-peroleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas.

Dengan memberikan penga-laman melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan yang sangat diperlukan bagi perwira jajaran TNI Angkatan Darat dalam pelak-sanaan tugas di masa kini dan di masa yang akan datang.

Sehubungan dengan serah terima jabatan dan penyerahan tugas ini, selaku pribadi dan atas nama Komando, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada Letkol Inf Echsan Sutadji, S.Sos, dan Letkol Czi Tatok Djoko Rahmono serta Mayor Inf Ferry Musawwad atas dedikasi dan karya nyata selama aktif dalam melak-sanakan tugas dan tanggung jawab jabatannya di Korem 131/Santiago. Saya berharap pengalaman tugas yang berharga ini dapat dijadikan bekal yang bermanfaat dan berguna bagi pelaksanaan tugas-tugas selan-jutnya.

Kepada Ibu Echsan Sutadji, Ibu Tatok Djoko Rahmono dan Ibu Ferry Musawwad saya ucapkan terima kasih atas pengabdian dan pengorbanan yang telah diberikan dalam men-dampingi suami selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan sampai dengan sekarang ini.

Selanjutnya kepada Letkol Inf Ruslan Efendi dan Letkol Inf RN Budiman, saya ucapan selamat atas jabatan barunya masing-masing sebagai Dandim 1304/Gorontalo dan Kasipersrem 131/Santiago.

Saya berharap agar para perwira beserta isteri secepatnya menye-suaikan dengan lingkungan tugas dan jabatannya yang baru dan teruslah belajar meningkatkan pengetahuan di bidang tugasnya masing-masing, sehingga hasil-hasil yang telah dicapai oleh para pejabat terdahulu dapat dilanjutkan bahkan mampu meme-lihara dan meningkatkan sesuai tuntutan dan perkembangan situasi yang berlaku.

Khusus kepada Letkol Inf Ruslan Efendi selaku Dandim 1304/Gorontalo yang baru, perlu saya sampaikan bahwa Kodim 1304/Gorontalo secara geografis memiliki wilayah yang cukup luas, yaitu seluruh wilayah Provinsi Gorontalo yang meliputi 5 (lima) Kabupaten dan 1 (satu) Kota dengan potensi kekayaan alam dan hasil bumi yang cukup besar sehingga jika potensi ini mampu diolah dengan baik akan dapat mendukung kepentingan pembangunan sekaligus dapat me-nunjang bagi kepentingan pertahanan negara.

Oleh karena itu selaku Komando kewilayahan yang mempunyai aparat teritorial terdepan Kodim 1304/ Gorontalo dituntut untuk mampu memanfaatkan potensi yang ada sebagai ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan daerah.

Namun demikian dari segi demografi dan kondisi sosial kepa-datan jumlah penduduk yang majemuk tidak menutup kemungkinan juga dapat menimbulkan dampak kerawa-nan sosial yang tinggi seperti masalah kriminalitas, penyakit masyarakat ataupun permasalahan sosial lainnya di mana kesemuanya itu merupakan tantangan tugas yang harus di hadapi dan di tangani secara arif dan bijaksana agar tidak menimbulkan gejolak sosial yang dapat membawa permasalahan baru.

Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut secara maksimal setiap aparat teritorial hendaknya mampu berkoordinasi dengan baik dalam rangka bekerja sama dengan sesama aparat yang lain maupun dengan unsur pemerintahan setempat di dalam menciptakan ketahanan masyarakat guna menangkal perma-salahan yang dapat mengganggu ketertiban dan ketenangan masya-rakat.

- Para perwira dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh bangsa dan negara ini, tentunya harus diterima dengan rasa syukur yang mendalam kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, di sertai tekad untuk dapat melak-sanakan tugas dan tanggung jawab jabatan dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, perlu saya sampaikan kepada pejabat baru, bahwa jabatan adalah sebuah amanah yang harus dijalankan sebaik mungkin dan dipertanggung jawabkan, tidak saja kepada pimpinan dan bawahan tetapi lebih penting lagi, di-pertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk itu sebagai bekal bagi para perwira dalam mengemban amanah ini, saya minta supaya ditanamkan nilai-nilai luhur pendahulu kita, dimana pada masa mereka diberikan keper-cayaan, semua dilaksanakan secara tulus ikhlas tanpa pamrih dan selalu konsisten pada komitmen, bahwa pengabdian yang dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sejalan dengan itu, ciptakan karya nyata di lingkungan tugas para Perwira agar terwujud satuan yang dapat diandalkan dan memiliki jiwa korsa yang tinggi dan solid. Para Perwira jangan berhenti berfikir, berkreasi, berinovasi demi kemajuan dan keberhasilan organisasi yang selalu dituntut memiliki disiplin dan profesionalitas yang tinggi.

- Para Perwira dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Di era seperti yang terjadi saat ini, tuntutan atas tersedianya Sumber Daya Manusia prajurit TNI yang profesional, harus dijadikan sebagai prioritas utama, karena adanya kualitas tantangan tugas yang semakin sulit dan kompleks. Tuntutan adanya prajurit yang profesional serta mampu mengaktualisasikan secara benar dan tepat terhadap norma-norma dasar kehidupan prajurit TNI yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI harus diwujudkan, karena cakupan permasalahannya yang dihadapi sangat luas dan kompleks.

Penguasaan dalam tugas perta-hanan akan bersentuhan dengan masalah profesionalitas, kinerja satuan, masalah disiplin, kesejah-teraan prajurit, kemampuan personel dan peralatan, pembenahan doktrin dan kultur keprajuritan dan semua kemampuan dasar dalam kehidupan keprajuritan lainnya. Dengan demi-kian upaya penataan harus dilakukan secara komprehensif dan simultan di semua sektor.

Dengan dilandasi harapan dan rasa optimisme yang tinggi, saya yakin para Perwira yang pada hari ini mendapat kepercayaan dan kehor-matan untuk memangku jabatan yang baru, mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan sebaik-baiknya serta mampu mewujudkan kinerja yang semakin berkualitas demi keber-hasilan pelaksanaan tugas pokok Korem 131/Santiago.

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Demikian pesan dan harapan saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Akhirnya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para perwira beserta isteri yang sudah mengabdi di Korem 131/Santiago selama ini, semoga pada jabatan yang baru senantiasa mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Besar. Kepada Pejabat Baru, saya ucapkan Selamat Bertugas dalam mengabdikan diri kepada Korem 131/Santiago.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua di dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatul-lahi Wabarakatuh; Syaloom; Om Santi Santi Santi Om;

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages