CEGAH DBD, BABINSA DUMOGA TIMUR BANTU KEGIATAN FOGGING - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, January 25, 2018

CEGAH DBD, BABINSA DUMOGA TIMUR BANTU KEGIATAN FOGGING

photo_2018-01-24_11-29-42

photo_2018-01-24_11-10-42D U M O G A - Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Serda  Edi Soetikno membantu Dinas Kesehatan Imandi melakukan pengasapan (fogging) di masa musim penghujan ini untuk membasmi dan mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) di Desa Pinobatuan Induk Kecamatan Dumoga Timur, Rabu (24/01).


Dandim 1303/BM Letkol Inf Sampang Sihotang saat ditemui menyampaikan, “Sebagai babinsa yang perduli terhadap lingkungannya, harus terus berperan aktif di masyarakat yang salah satunya membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging dan sosialisasi kepada masyarakat”, Ujar Dandim Bolmong.


Dandim menjelaskan, nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk. "Dalam musim penghujan ini hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur", Tutur Dandim.


photo_2018-01-24_11-28-38Dandim Bolmong menambahkan, Memang dalam mencegah gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan, obat anti lotion, nyamuk bakar, elektrik, semprot dan lain-lainnya. Namun, apabila tidak diperhatikan dengan baik, penggunaan obat anti nyamuk tersebut sebenarnya berbahaya bagi manusia karena dapat memberikan efek samping, sehingga ada baiknya masyarakat perlu mengetahui aneka obat-obatan untuk pengusir nyamuk baik herbal, alami, tradisional yang mudah untuk dirumah sendiri. "Begitupun Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lainya, "Ucap Dandim.


Sementara itu ditempat terpisah, Ibu Admi Lumenta M.Kes dari Dinas Kesehatan Imandi mengungkapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah membantu untuk melakukan sosialisasi dan penyemprotan di Desa Pinobatuan Induk. "Kegiatan ini rutin akan kami lakukan walaupun belum adanya laporan dari masyarakat yang terkena penyakit disebabkan oleh nyamuk. Karena melihat intensitas curah hujan yang cukup tinggi kami dari Dinas Kesehatan Imandi berinisiatif untuk melakukan penyemprotan/fogging agar masyarakat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk", katanya.


photo_2018-01-24_11-10-44

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages