APEL BERSAMA KORPS WANITA TNI - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, August 6, 2005

APEL BERSAMA KORPS WANITA TNI

AMANAT
PADA APEL BERSAMA KORPS WANITA TNI

TANGGAL 21 APRIL 2005
Hari/Tanggal : Kamis, 21 April 2005
P u k u l : 08.00 Wita
T e m p a t : Lapangan Lanudsri


YANG SAYA HORMATI ;

PARA UNDANGAN ;

PARA PERWIRA DAN BINTARA ANGGOTA KORPS WANITA TNI YANG SAYA CINTAI DAN BANGGAKAN ;

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI
DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA KEPADA KITA SEKALIAN, SEHINGGA PADA HARI INI DAPAT DILAKSANAKAN APEL BERSAMA KORPS WANITA TNI DENGAN TERTIB DAN AMAN.

KEGIATAN APEL BERSAMA INI MERUPAKAN TRADISI DI LINGKUNGAN KORPS WANITA TNI YANG DILAKUKAN SETIAP TAHUN DAN PELAKSANAANNYA BERTEPATAN DENGAN PERINGATAN HARI LAHIRNYA PAHLAWAN WANITA, YAITU IBU R.A. KARTINI. TRADISI YANG DILAKSANAKAN INI, MERUPAKAN SALAH SATU WUJUD PENGHORMATAN DAN PENGHARGAAN KORPS WANITA TNI TERHADAP JASA PERJUANGAN IBU R.A. KARTINI KHUSUSNYA, DAN PARA PEJUANG WANITA INDONESIA PADA UMUMNYA.

SELAIN ITU, KEGIATAN INI DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI MOMENTUM INTROSPEKSI DIRI TENTANG PERAN SERTA PELAKSANAAN TUGAS KORPS WANITA TNI SELAMA INI, GUNA MENYEMPURNAKAN KUALITAS PENGABDIAN DI MASA YANG AKAN DATANG. SEBAGAI SARANA PEMBINAAN, MELALUI KEGIATAN DEMIKIAN INI SEKALIGUS JUGA DAPAT DIKOMUNIKASIKAN HAL-HAL PENTING TENTANG KEBIJAKAN PIMPINAN TNI DALAM RANGKA PENCAPAIAN OPTIMALISASI PELAKSANAAN TUGAS YANG SEMAKIN KOMPLEKS DAN TIDAK RINGAN.

PARA PERWIRA, BINTARA DAN SELURUH ANGGOTA KORPS WANITA TNI SEKALIAN DIMANAPUN BERADA DAN BERTUGAS.

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA, SEPANJANG SEJARAH PERJUANGAN BANGSA, KAUM WANITA TIDAK PERNAH ABSEN DALAM PERAN AKTIF PENGABDIANNYA PADA SETIAP DINAMIKA KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA. SEJARAH TELAH MEMBUKTIKAN BAHWA PERANAN WANITA INDONESIA CUKUP BESAR, SEJAK DARI AWAL PERGERAKAN KEBANGSAAN, MENGUSIR PENJAJAH SAMPAI DENGAN ERA MEMBANGUN BANGSA SAAT INI. PARA PAHLAWAN WANITA YANG BANYAK BERJUANG DAN BERJASA DIBERBAGAI LAPANGAN PENGABDIAN, NAMANYA TELAH TERUKIR DENGAN TINTA EMAS DALAM SEJARAH PERJUANGAN BANGSA.

DENGAN RASA BANGGA DAN PENGHORMATAN YANG TULUS, PADA KESEMPATAN INI MARILAH KITA SEMUA MENGENANG KEMBALI JASA KEPAHLAWANAN PARA PEJUANG WANITA INDONESIA. DALAM HAL INI, BERANGKAT DARI SEMANGAT KEPAHLAWANAN TERSEBUT TENTUNYA KITA TIDAK AKAN LARUT DALAM KEBANGGAAN MASA LALU, TETAPI AKAN LEBIH MEMANTAPKAN TEKAD DALAM MENATAP MASA DEPAN. NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN TERSEBUT HARUS DAPAT DIAKTUALISASIKAN DALAM MENYONGSONG TUGAS-TUGAS DENGAN TANTANGAN DAN PERMASALAHAN YANG BERBEDA SERTA SENANTIASA BERKEMBANG DARI WAKTU KE WAKTU.

DALAM KONTEKS INI, WANITA INDONESIA TELAH MEMBUKTIKAN MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF DALAM KIPRAH PEMBANGUNAN NASIONAL. DEWASA INI, BANYAK KAUM WANITA YANG TELAH MAMPU MENUNJUKKAN KARYA NYATA DAN PRESTASI DENGAN KARIER YANG GEMILANG.

KESEMUANYA TERSEBUT MENUNJUKKAN BAHWA KAUM WANITA INDONESIA TERBUKTI DAPAT BERPERAN SECARA MAKSIMAL SEBAGAI MITRA SEJAJAR KAUM PRIA DALAM SETIAP MOMENTUM PERJUANGAN MENUJU MASA DEPAN BANGSA YANG LEBIH BAIK. OLEH KARENANYA, KUALITAS DAN KEMAMPUAN KAUM WANITA INDONESIA TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI UNTUK BERPERAN SERTA SECARA AKTIF DALAM MELAKSANAKAN RODA PEMBANGUNAN NASIONAL.

DALAM PERSPEKTIF ITU PULA, PIMPINAN TNI MENILAI KEBERADAAN KORPS WANITA TNI MERUPAKAN BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI KERANGKA PEMBANGUNAN TNI SECARA UTUH. SEJALAN DENGAN ITU, PEMBINAAN TERHADAP KORPS WANITA TNI MERUPAKAN BAGIAN INTEGRAL DARI KONSEP PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA WANITA YANG BERKUALITAS DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN NASIONAL.

PARA PERWIRA DAN BINTARA ANGGOTA KORPS WANITA TNI SEKALIAN,

PADA SAAT INI BANGSA KITA BERADA DALAM ERA REFORMASI DENGAN HARAPAN MENUJU PADA KONDISI INDONESIA YANG LEBIH BAIK DARI ERA SEBELUMNYA SESUAI DENGAN KEINGINAN RAKYAT INDONESIA. SEGENAP KOMPONEN BANGSA SEDANG BERUPAYA UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN DAN KESULITAN AKIBAT BERBAGAI KRISIS MULTI DIMENSI YANG DAMPAKNYA SANGAT DIRASAKAN PADA SEMUA ASPEK KEHIDUPAN MASYARAKAT.

PADA SISI LAIN, DITENGAH SUASANA KEBEBASAN YANG SANGAT BESAR, MASIH TERDAPAT SEBAGIAN KELOMPOK MASYARAKAT YANG CENDERUNG MENYIMPANG DARI ARAH DAN TUJUAN REFORMASI YANG SEBENARNYA DENGAN MENGEDEPANKAN KEPENTINGANNYA YANG MELAMPAUI BATAS TOLERANSI RAMBU-RAMBU HUKUM. SEMENTARA PROSES REFORMASI BERLANGSUNG, DINAMIKA LINGKUNGAN STRATEGIK JUGA TERUS MENGALAMI PERUBAHAN YANG SANGAT CEPAT DAN DIWARNAI DENGAN PENUH KETIDAKPASTIAN. PERKEMBANGAN TERSEBUT TIDAK SAJA MELAHIRKAN BERBAGAI TANTANGAN BARU, TETAPI SEKALIGUS JUGA PELUANG BARU.

DIHADAPKAN PADA BERBAGAI TANTANGAN TERSEBUT, KUNCI DAN FAKTOR DOMINAN YANG DIPERLUKAN UNTUK DAPAT MEREBUT PELUANG DAN MELANJUTKAN PEMBANGUNAN SERTA KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA DAN NEGARA, ADALAH TERSEDIANYA SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS HANDAL,

PROFESIONAL, BERWAWASAN LUAS DAN MEMILIKI MOMITMEN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA YANG KUKUH.

DENGAN DEMIKIAN TIDAK ADA PILIHAN LAIN BAGI TNI SEBAGAI BAGIAN DARI KOMPONEN BANGSA DAN SEBAGAI ALAT NEGARA, SELAIN MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN MEMANTAPKAN JATI DIRI PRAJURIT YANG BERLANDASKAN PADA SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRAJURIT.

OLEH KARENA ITU, SEJALAN DENGAN TUNTUTAN KUALITAS YANG DIPERLUKAN TERSEBUT, SELURUH ANGGOTA KORPS WANITA TNI HARUS SELALU BERUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI DAN MEMANTAPKAN JATI DIRINYA SEBAGAI PRAJURIT TNI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, SEHINGGA DAPAT BERPERAN SECARA MAKSIMAL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGABDIANNYA KEPADA BANGSA DAN NEGARA.

KORPS WANITA TNI SEBAGAI BAGIAN INTEGRAL DARI PRAJURIT TNI, JUGA MEMILIKI TUNTUTAN TANGGUNG JAWAB YANG SAMA SEPERTI REKANNYA PRAJURIT PRIA, UNTUK TAMPIL SEBAGAI PRAJURIT PEJUANG YANG PROFESIONAL, MEMEGANG TEGUH DISIPLIN, MEMILIKI MMOTIVASI, LOYALITAS DAN DEDIKASI YANG TINGGI, DIMANA KESEMUANYA ITU MERUPAKAN REFLEKSI JATI DIRI SOSOK SEORANG PRAJURIT TNI YANG DAPAT DIANDALKAN.

SEJALAN DENGAN SEMAKIN MENINGKATNYA TANTANGAN TUGAS YANG HARUS DIHADAPI TNI, MAKA TUNTUTAN TUGAS KORPS WANITA TNI DIMASA MENDATANG TIDAK TERBATAS PADA TUGAS-TUGAS STAF MAUPUN ADMINISTRASI, NAMUN HARUS MAMPU BERPERAN DALAM BIDANG PENUGASAN LAINNYA SEBAGAI PRAJURIT PEJUANG YANG HANDAL DAN PROFESIONAL.

MENCERMATI PERKEMBANGAN SITUASI DAN DIHADAPKAN PADA TUNTUTAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TERSEBUT, PIMPINAN TNI SANGAT MEMAHAMI BETAPA BERAT TANTANGAN YANG HARUS DIHADAPI OLEH KORPS WANITA TNI. DALAM HAL INI, DISAMPING HARUS MAMPU MELAKSANAKAN TUGAS SEBAGAI SEORANG PRAJURIT TNI, SETIAP KORPS WANITA TNI HARUS PULA DAPAT MENEMPATKAN DIRI SESUAI DENGAN KODRATNYA SEBAGAI SEORANG WANITA, YANG AKAN DAN TELAH MENJADI SEORANG IBU RUMAH TANGGA PENDAMPING SUAMI DALAM MEMBANGUN MASA DEPAN KELUARGA YANG DIDAMBAKAN.

SEMAJU APAPUN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI, KORPS WANITA TNI HARUS TETAP MENYADARI KEDUDUKAN DAN KODRATNYA SEBAGAI WANITA INDONESIA. UNTUK ITU, SEBAGAI KORPS WANITA TNI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN MELAKSANAKAN PERANNYA HARUS DAPAT MENYESUAIKAN DIRI DENGAN TETAP BERPEGANG TEGUH PADA KELUHURAN NORMA BUDAYA BANGSA, MENJUNJUNG TINGGI SOPAN SANTUN SERTA KETENTUAN HUKUM YANG BERLAKU. DENGAN DEMIKIAN KEBERADAAN KORPS WANITA TNI SELALU DAPAT DIHARGAI DAN DIHORMATI DIMANAPUN MEREKA BERTUGAS.

PARA PERWIRA, BINTARA DAN SELURUH ANGGOTA KORPS WANITA TNI DIMANAPUN BERADA DAN BERTUGAS.

SAYA YAKIN DAN PERCAYA, BAHWA TEKAD DAN SEMANGAT JUANG PARA PAHLAWAN KHUSUSNYA PARA PAHLAWAN WANITA AKAN TETAP TERTANAM DAN TUMBUH MENJIWAI RANGKAIAN PENGABDIAN KORPS WANITA TNI. DENGAN TEKAD YANG BULAT DIIRINGI SEMANGAT KEPAHLAWANAN PARA PEJUANG BANGSA, KORPS WANITA TNI AKAN MAMPU MELAKSANAKAN TUGASNYA DALAM MENGATASI SETIAP TANTANGAN, TERMASUK TANTANGAN DIDALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAS YANG DIHADAPI MASYARAKAT

SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BEBERAPA PENEKANAN UNTUK DIPEDOMANI SEGENAP KORPS WANITA TNI DI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS SEBAGAI BERIKUT :

PERTAMA, MANTAPKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SEBAGAI LANDASAN MORAL DAN ETIKA GUNA MENJAGA CITRA DAN NAMA BAIK KORPS WANITA TNI SERTA UNTUK MENCEGAH DAN MENANGKAL PENGARUH LINGKUNGAN YANG AKAN MERUGIKAN SEMUA PIHAK.

KEDUA, PEGANG TEGUH NILAI-NILAI PANCASILA, SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRAJURIT SEBAGAI LANDASAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA.

KETIGA, TINGKATKAN KUALITAS DIRI SEBAGAI PRAJURIT PROFESIONAL SESUAI DENGAN KEMAJUAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SEHINGGA MAMPU BERPERAN SECARA OPTIMAL DI SETIAP BIDANG PENUGASAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN TUGAS YANG SEMAKIN KOMPLEKS DAN TIDAK RINGAN.

KEEMPAT, DENGAN DILANDASI JIWA DAN SEMANGAT KESATUAN DAN PERSATUAN,PERKOKOH JIWA KORSA DAN KEKOMPAKAN DALAM PELAKSANAAN TUGAS AGAR SETIAP KESULITAN DAN TANTANGAN YANG DIHADAPI DAPAT DIATASI UNTUK SELANJUTNYA MAMPU BERKARYA NYATA SECARA OPTIMAL.

KELIMA, MANTAPKAN JATI DIRI KORPS WANITA TNI SEBAGAI PRAJURIT TNI YANG MEMILIKI KEPRIBADIAN, MORAL DAN ETIKA TERPERCAYA YANG SELALU MENGHORMATI DAN MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA.

DEMIKIAN AMANAT SAYA PADA UPACARA APEL BERSAMA KORPS WANITA TNI HARI INI, SAYA MINTA AGAR SEMUA YANG TELAH SAYA SAMPAIKAN TADI DAPAT DIPAHAMI DAN DIAPLIKASIKAN OLEH SELURUH ANGGOTA KORPS WANITA TNI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS DI LAPANGAN.

SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MELIMPAHKAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA SERTA MEMBERIKAN PETUNJUK, KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN-NYA KEPADA KITA SEMUA, KHUSUSNYA SELURUH JAJARAN KORPS WANITA TNI DIMANAPUN BERADA DAN BERTUGAS, DALAM MELANJUTKAN PENGABDIAN YANG TERBAIK KEPADA TNI, BANGSA DAN NEGARA YANG TERCINTA.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.


No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages