Siswa SMPN 5 Sleman Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, December 19, 2022

Siswa SMPN 5 Sleman Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama

Hari Senin tanggal 19 Desember 2022, sebanyak 120 siswa beserta 22 guru pendamping dari SMPN 5 Sleman Yogyakarta berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta.

Kunjungan ke Museum Dharma Wiratama dilaksanakan dalam rangka mengikuti kegiatan belajar sejarah di luar Kelas dan guna mengenalkan Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama kepada para siswa.

Rombongan tiba di museum Dharma Wiratama Pkl. 11.30 wib diterima oleh Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum.
Dalam sambutannya Kpt Yanti mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMPN 5 Sleman yang telah mensosialisasikan dan mengenalkan Museum Dharma Wiratama kepada siswanya. Dengan berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama diharapkan para siswa mendapat tambahan pengetahuan tentang sejarah perjuangan TNI bersama rakyat dalam merebut, mengisi Kemerdekaan. "Dengan kalian mengerti tentang Sejarah perjuangan bangsamu, diharapkan kalian bisa lebih mencintai dan tumbuh semangat Nasionalisme dan Patriotisme di dada kalian" pesan Kpt Yanti kepada para siswa dalam sambutannya.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Yanti, Pns.Sutinah, Pns.Wiwik,Pns. Wiwid dan Kopral Irvan untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dan lengkap.
Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias meskipun masih suasana protokol kesehatan.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda.
2. Bangunan Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.
3.Museum Dharma Wiratama berperan dalam membentuk karakter generasi muda yang lebih nasionalis.
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.
5. Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Kunjungan siswa SMPN 5 Sleman ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama berakhir pkl.12.30 wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.
Foto dokumen kegiatan terlampir.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages