Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Juang Infanteri Ke-75 - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, December 19, 2023

Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Juang Infanteri Ke-75




Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Juang Infanteri Ke-75 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Mayonif 712/Wiratama, Ds. Loreng, Bailang, Manado, Sulawesi Utara. Selasa (19/12/2023). 


Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda ke-2 tanggal 19 Desember 1948. Dimana pada saat itu Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan, yaitu untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta, dimana pasukan-pasukan yang berada di Wingate (Garis Pertahanan Musuh) agar melaksanakan Longmarch kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk Wehrkreise (Kantong-kantong Pertahanan) sebagai titik-titik kuat perang gerilya.

 

Komandan Pussenif Letjen TNI Dr Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam selaku Irup menyampaikan bahwa Hari Juang Infanteri merupakan simbol kejayaan dan kemuliaan Korps yang harus dijunjung tinggi, karena Korps Infanteri adalah korps terbesar di TNI Angkatan Darat. 


“Namun demikian dalam upaya memenangkan suatu pertempuran atau peperangan, korps Infanteri harus bekerja sama dan bersinergi dengan semua kecabangan, karena semua kecabangan memiliki peran masing-masing dalam setiap pertempuran,” imbuhnya.  


Danpussenif menambahkan bahwasanya Ibu Kandung korps Infanteri adalah rakyat, nafas dan rohnya adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara.


“Prajurit korps Infanteri harus Bersama dengan rakyat, karena hanya bersama rakyat prajurit korps Infanteri akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” tutup Letjen Anton. 


Tema hari Juang Infanteri tahun ini adalah “Infanteri yang Profesional, Modern dan Dicintai Rakyat”.         


Turut hadir, Forkopimda Sulut, para Asisten Kasdam XIII/Merdeka, para Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Kasrem 131/Santiago, Kepala Cabang BRI Boulevard Manado Nurdianto dan Kepala Cabang BRI Sarapung Purwanto.   


Autentikasi: 

Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages