Pangdam XIII/Merdeka disambut dengan Adat Gorontalo Mopotilolo - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, May 14, 2018

Pangdam XIII/Merdeka disambut dengan Adat Gorontalo Mopotilolo

Gorontalo.  -Gubernur Provinsi Gorontalo Drs. Rusli Habibie, M.AP menyambut dengan adat Gorontalo “Mopo TiloloPangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Madsuni bersama ibu dan rombongan  pada Kunjungan Kerjanya di Provinsi Gorontalo (Sabtu 12 Mei 2018). Sebagai Wujud penghormatan Gubernur Prov. Gorontalo kepada Pangdam XIII/Mdk penyambutan adat “Mopotilo” diadakan langsung di Rumah dinas Gubernur Gorontalo yang beralamatkan di Kel Biawao kec Kota Selatan Kota Gorontalo Prov Gorontalo. Ini merupakan kali pertama kunjunganya ke Provinsi Gorontalo Mayjen TNI Madsuni Pangdam XIII/Merdeka. Penyambutan Adat “Mopotilolo” merupakan sambutan sekaligus pemberian ijin dari pemangku adat kepada pejabat yang akan atau pertama kali menginjakkan kaki di Provinsi Gorontalo.

Dalam kegiatan ini Pangdam XIII/Mdk didampingi oleh Kolonel Inf Setio Budi Raharjo (Irdam) bersama ibu, Kolonel Inf Dedi Iswanto (Asintel), Kolonel Inf Ayi Lesmana, SE (Aspers), Kolonel Arh Trias Wijanarko, S. Ip (Asren), Kolonel Cba Darmava, SE (Kabekang), Kolonel Cpm Satari Wahyudianto SIP (Danpomdam), Kolonel Chb Totok Surahmat (Kahubdam), Kolonel Kav Abdul Haris, S. Ip (Aster) Bersama Ibu, Kolonel Inf Ida Dewa Agung Hadisaputra, SH (Aslog) Bersama Ibu Aslog, Kolonel Inf Drs. Andi Muhammad Suryadarmanv(Kapendam), Kolonel Inf Endro Satoto, S. Ip, MM (Kasrem 131/Stg) bersama ibu, Letkol Czi Donny Ardhiwidha (Danden Intel Dam XIII/Mdk), Letkol Czi Hairil Anwar (Wakazidam), Letkol Inf Allan Surya Lesmana(Dandim.1304/Gtl)

Rangkaian kegiatan pada acara penerimaan adat kepada Pangdam XIII/Merdeka yang pertama yaitu Mopodunggo lo Tilolo Menggelar sekapur sirih adalah suguhan kepada tamu terhormat yang pertama kalinya berkunjung ke daerah Gorontalo dan oleh masyarakat adat Gorontalo Duluwo limo lo Pahala yang di kenal dengan Adat bersendikan syara, bersendikan kitabulah menyambut dengan adat Gorontalo sebagai ungkapan syah dan sudah di terimanya serta ucapan selamat datang di Prov Gorontalo kepada Pangdam XIII/Mdk yang Kedua yaitu Mopodungga Lo Uyilumo Suguhan minum dengan kue adat Gorontalo dalam suguhan minum ini terdapat 4 unsur yakni Huta(tanah), Taludupoto (angin), Taluhu (Api) oleh masyarakat Gorontalo 4 unsur ini adalah sumber kehidupan mengandung makna bahwa bapak bersama ibu rombongan adalah tamu yang utama dan telah di terima oleh masyarakat duluwo limo lo pohala dan beroleh pintu memasuki Wilayah Prov Gorontalo, selanjutnya yang ke Tiga yaitu Mopotowuli Lo Tania Lo U Yilumo mengembalikan peralatan sajian minum

Kegiatan penyambutan kebesaran adat Mopotilolo di laksanakan kepada pejabat yang berkunjung ke Prov Gorontalo sebagai tanda bahwa masyarakat Gorontalo menerima pejabat tersebut dan di anggap sebagai warga luar biasa di Gorontalo. Pangdam XIII/Mdk mengaku belum mengetahui adat penyambutan di daerah Gorontalo seperti apa, atas Sambutan ini Pangdam XIII/Mdk mengucapkan terimaksih kepada Gubernur Gorontalo dan Masyarakat Gorontalo dengan kegitan penyambutan adat ini berarti saya sudah resmi menjadi warga Gorontalo.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages