Personel Kodim 1301 Sangihe Bantu Warga dari erupsi Gunung Karangetan - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, February 5, 2019

Personel Kodim 1301 Sangihe Bantu Warga dari erupsi Gunung Karangetan








Personel Kodim 1301/Sangihe membantu warga untuk dievakuasi dari erupsi gunung karangetan yang batu bulan, Sitaro, Selasa (5/2/2019).

Menurut Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Saiful Parerengi dalam wawancara via telepon mengatakan bahwa sudah berada di pulau ini mulai tanggal 3 Feb 2019 untuk memimpin langsung anggota kodim 1301/Sgh sebanyak 30 Orang,"Saya bersama ajudan dan dua orang Perwira Staf turun langsung untuk memantau serta membantu warga masyakat di Batubulan, berangkat dari Tahuna dengan menggunkan kapal cepat majestik kawanua dengan membawa kebutuhan untuk membantu warga berupa buah tenda Peleton, velbet(tempat tidur), T2(Makanan Kaleng), konserven(Natura), susu imukal, untuk dapat membantu meringankan beban torang pe sodara sodara di Batubulan".Kata Dandim.

Dandim menghimbau kepada warga agar berkenan untuk meninggalkan kampungnya demi keamanan, "saya menghimbau kepada seluruh warga desa batu bulan agar mau diungsikan, mengatisipasi aliran lava panas yang sudah merusak jalan dan menghancurkan jembatan penghubung antar desa sehingga suplai makanan dan listrik tidak dapat berjalan lancar."Imbau Dandim.

"saya juga menghimbau masyarakat kab kepl sitaro agar turut membantu saudaranya yang terkena dampak gempa alam gunung api karangetan agar membantu seperti pakaian layak pakai, makanan dan minuman serta sarana lainnya," Lanjut Dandim.Personel Kodim 1301 Sangihe Bantu Warga dari erupsi Gunung Karangetan

kejadian berawal Pada hari  Sabtu, tanggal  02 Februari 2019 Pukul 11.00 Wita, di Kampung Batubulan Kec. Siau Barat Utara Kab. Kepl. Sitaro, telah terjadi bencana alam guguran batu lava panas dari gunung api Karangetang yang melewati jalur Kali Marebuhe dan Kali Batuare Kamp. Batubulan Kec. Siau Barat Utara.

Jarak guguran lava panas dengan pemukiman warga sekitar 300 Meter dan jarak guguran lava panas dengan ruas jalan antara Lind I dan Lind II Kamp. Batubulan Sekitar 200 Meter

dalam pengecekan sebelumnya dihadiri Camat Siau Barat Utara Ibu Catherin Lukas, SE,  Kapolsek Siau Barat Kompol Johanis Sasebohe, S.Sos, Danramil 1301-02/Siau Kapten Inf Pither Masinna, Anggota Polsek Siau barat, Anggota Koramil 1301-02/Siau, Anggota BNPB Kab. Kepl Sitaro

Himbauan  Pemerintah kepada masyarakat, diantaranya Menghimbau masyarakat yang sementara bekerja di dekat Kali Marebuhe dan Kali Batuare agar berhenti melakukan Aktifitas pekerjaan, Mengevakuasi Masyarakat  yang dekat dengan Kali Marebuhe dan Kali Batuare untuk pindah ke tempat yang lebih aman, Menutup akses jalan antara Lindongan 1 dan Lindongan II, Kampung Batubulan kec. Siau Barat Utara yang dilewati batu lava panas di kali.

Masyarakat yang mengungsi berjumlah 22 Orang dengan rincian 11 Orang Perempuan, 10  Orang Laki-laki, 1 Orang Balita, Keluarga yang di Evakuasi Keluarga(kel). Katilahe - Kalensang, Kel. Mudami - Gansa, Kel. Kalensang - manutur, Kel. Pangase - Kalensang, Kel. Haryono- Kalensang, Kel. Makapuas- Katilahe,

Jarak Guguran batu lava panas dengan jln raya diperkirakan kurang lebih 150 M dan Jumlah pengungsi bertambah menjadi  108 Orang sampai berita ini diturunkan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages