Bupati Bireun ke Museum Dharma WIratama, Disambut Kabalakmuspus - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, May 21, 2022

Bupati Bireun ke Museum Dharma WIratama, Disambut Kabalakmuspus


Musmonpus, Bupati Bireun  Aceh bpk Dr.H. Muzakkar A Gani, S.H, M.Si Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama Yogyakarta  Jl Jend Sudirman 75 Yogya, Sabtu 21 Mei 2022.

Kunjungan Bupati Bireun Aceh bpk Dr.H. Muzakkar A Gani, S.H, M.Si bersama dengan rombongan 9 orang. Kunjungan Bupati Bireun dalam rangka "menelusuri dan melihat secara langsung koleksi museum Dharma Wiratama yang  berupa radio Rimba Raya. Radio  yang pada masa Perang Kemerdekaan tahun 1945-1949 digunakan di Pendopo kab. Bireun untuk menangkal siaran provokasi dan propaganda Belanda. Selain itu kunjungan Bupati Bireun sekaligus study banding sekaligus mengumpulkan data referensi terkait rencana Pendopo kab Bireun akan dijadikan museum. Perjuangan" ungkap bupati Muzakkar dalam keterangannya.

Rombongan Bupati Bireun diterima langsung oleh Kolonel Inf Drs.Andi Muhammad Suryadarman, M.H., selaku Kabalakmusmonpus di ruang kerja. Dalam sambutannya Kolonel Andi mengatakan bahwa "koleksi museum Dharma Wiratama berisi koleksi yang bisa mengingat perristiwa masa lalu para pejuang yang berisi nilai² semangat juang, nasionalisme dan patriotisme tanpa pamrih yang layak kita teladani sekarang ini" ungkap kolonel Andi.

Dalam waktu yang bersamaan museum Dharma Wiratama mendapat kunjungan anak² TK Tunas Harapan Kroyo Gebong Purwokerto. Rombongan anak² dan pendamping berjalan 65 orang dipimpin oleh ibu Ika dan diterima oleh Kamuseum (Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selanjutnya dipandu oleh duta museum, edukator dan anggota museum melihat lebih dekat koleksi yang ada di museum Dharma Wiratama. Dengan menerapkan protokol kesehatan, kunjungan rombongan Bupati Bireun, Aceh dan anak² TK Tunas Harapan berjalan penuh semangat dan antusias. 

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:

1. Setiap generasi muda harus tahu dan faham sejarah bangsanya.

2. Koleksi benda benda museum boleh jadi usang dan lapuk akan tetapi nilai sejarah yang terkandung didalamnya akan tetap abadi.

3. Pemahaman sejarah perjuangan harus dilaksanakan sejak dini

4 History  value (nilai nilai sejarah tidak bisa usang bahkan akan tetap aktual)

5. Bangsa yang besar adalah bangsa yg bisa menghargai jasa pahlawan.

Kegiatan berlangsung dengan an, tertib dan lancar






No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages