Kasdam XIII/Merdeka Buka Gelar Operasi Gaktib TA 2019 - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, February 8, 2019

Kasdam XIII/Merdeka Buka Gelar Operasi Gaktib TA 2019






Pendam XIII/Mdk. Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII/Merdeka membuka Gelar Upcara Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi Polisi Militer TA 2019 bertempat di Lapangan Upacara Makodam XIII/Mdk, Jumat, (08/02/2019).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam XIII/Mdk mengatakan bahwa Prajurit Profesional adalah prajurit yang memahami hukum. “Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi merupakan salah satu upaya memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI. Prajurit yang profesional adalah prajurit yang memahami hukum dan mematuhinya, tidak hanya di masa perang tetapi juga di masa damai. Pemahaman dan kepatuhan terhadap hukum tersebut semakin mengemuka mengingat kompleksitas ancaman yang dihadapi oleh TNI. Perkembangan teknologi memungkinkan munculnya bentuk pelanggaran baru.

Lebih lanjut Panglima Sampaikan bahwa prajurit POM TNI harus melek tehnologi sehingga bisa menindak prajurit TNI dalam pelanggaran media sosial. “Dalam mengantisipasi meningkatnya kejahatan menggunakan media sosial dan media elektronik (kejahatan siber dan ITE), prajurit POM TNI harus mampu mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan menindak kejahatan dimaksud, guna membentengi pengaruh negatif medsos, serta menjaga nama baik TNI dari penyebaran berita palsu (hoaks)..” Kata Marsekal Hadi Tjahyanto.

Dalam pelaksanaan tugas Gaktib ini, Panglima TNI memberikan pedoman kepada seluruh personel Pom TNI, “Pada Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TNI Tahun 2019 ini, ada beberapa penekanan saya untuk dipedomani. Pertama, tingkatkan pemahaman dan kepatuhan atas hukum serta aturan yang berlaku, laksanakan sinergi dan kerja sama yang baik dengan stakeholder lainnya. Kedua, pegang teguh komitmen netralitas TNI sehingga pesta demokrasi berjalan dengan aman, lancar, damai, dan sukses. Ketiga, sikapi secara cerdas setiap perkembangan yang ada, termasuk hoaks, upaya adu domba, provokasi, penyalahgunaan media sosial dan serangan siber. Keempat, para komandan satuan agar memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan Operasi ini. Kelima, pelihara dan tingkatkan kemanunggalan dengan rakyat agar terwujud Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian..” Tutup Panglima TNI.

Menjawab pertanyaan wartawan Kasdam menyampaikan bahwa " Prinsip dalam operasi ini ingin mengeliminir dan mereduksi pelanggaran prajurit TNI.  Untuk operasi Gaktib ini  ditujukan terhadap seluruh pelanggaran, baik yang masuk ke ranah disiplin, pidana dan pelanggaran pelanggaran lain. saya sampaikan personel inti dalam operasi Gaktib ini dari AD 100 personel, AL 30 Personel dan AU 25, yang dalam rentang waktu selama 120 hari." Ujar Kasdam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara(mewakili), Kapolda Sulawesi Utara(mewakili), Danlantamal VIII, Danrem 131/Santiago, Danlanud Sam Ratulangi, Para Asisten, Kabalak, LO AL, LO AU serta Komandan Satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka.


Autentikasi :
Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M Jaelani

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages