Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, October 28, 2022

Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94



PendamXIII/Merdeka,-Berkenaan dengan peringatan hari sumpah pemuda ke-94 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022, seluruh Lembaga Pemerintah termasuk TNI-Polri melaksanakan upacara secara serentak, ini salah satu bentuk untuk meneguhkan semangat para pemuda dan pemudi yang telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan jiwanya untuk menyatukan bangsa Indonesia.


Upacara hari sumpah pemuda ke-94 tersebut dipimpin langsung oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, S, Sos,M.Si. bertindak selaku inspektur upacara (Irup) dan diikuti oleh seluruh personel Kodam XIII/Merdeka baik pejabat utama, para Asisten, Kabalakdam XIII/Merdeka, serta seluruh Prajurit dan PNS, di lapangan Makodam, Jumat (28/10/2022).


Upacara Hari Sumpah Pemuda diawali dengan Penghormatan kepada Irup, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, Pembacaan teks Pancasila oleh Irup, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Pembacaan Teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928, Pembacaan sambutan Menpora, Pembacaan doa, Andhika Bhayangkari dan di tutup dengan laporan akhir Danup.


Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai  faktor yang   melemahkan.   Sejarah ini telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan  rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.


Kasdam juga menambahkan tema dalam peringatan hari sumpah pemuda ke-94 ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa” yang bertujuan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.


Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan  di atas segala-galanya,”imbuh Kasdam.


Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini dilaksanakan dengan sederhana tertib dan khidmat dengan memupuk rasa kebersamaan.


Autentikasi: 

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages