SATGAS HADIRI RAKOR PERSIAPAN PEMBUKAAN AKTIFITAS DI PERBATASAN RI-PNG - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, June 17, 2020

SATGAS HADIRI RAKOR PERSIAPAN PEMBUKAAN AKTIFITAS DI PERBATASAN RI-PNG








SATGAS HADIRI RAKOR PERSIAPAN PEMBUKAAN AKTIFITAS DI PERBATASAN RI-PNG
Dansatgas Pamtas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand,S.H.,M.Tr.Han.,M.l.Pol bersama Lettu Inf Suyono (Pasi Intel Satgas Pamtas Yonif 713/ST) menghadiri Rapat Koordinasi terkait persiapan pembukaan aktifitas lintas batas dan tukar informasi tentang penanganan kasus pandemi covid 19 di Perbatasan RI-PNG yang  bertempat di Swiss Belhotel Internasional, Kota Jayapura Provinsi Papua yang dihadiri 30 orang peserta.Selasa (16/06/2020)

Dansatgas dalam keterangannya mengatakan rapat koordinasi ini dipimpin oleh Ibu Suzana D. Wanggai (Kepala Dinas Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua) dan diikuti oleh Stakeholder yang ada di wilayah Perbatasan RI-PNG termasuk di dalamnya aparat TNI dan Polri.

Ibu Suzana D. Wanggai dalam sambutannya mengatakan tentang permintaan pertemuan perintah PNG terkait skenario apa yg akan dibuat bersama pada saat pembukaan pagar batas PLBN, dan ekstensi informasi tentang  Covid 19 dimana PNG hanya 8 kasus dan sudah dinyatakan sembuh.

Sementara itu Brigjen TNI Izak Pangemanan (Danrem 172/PWY) mengatakan ketika Perbatasan dengan PNG dibuka maka dari sisi ekonomi banyak yang bisa kita dapatkan yang dapat menyokong ekonomi di Papua, sebagai contoh  dulu di perbatasan kios hanya ada 3 dan sering di ganggu dari kelompok Mateas Wenda, tapi sekarang sudah cukup banyak dan aman. Tidak hanya dari sisi ekonomi kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari sisi budaya dimana kita dapat melaksanakan pertukaran budaya dengan PNG.

Dansatgas sendiri dalam keterangannya mengatakan kami sebagai prajurit yang bertugas di Perbatasan RI-PNG selalu siap, akan tetap mendukung setiap kebijakan dari pemerintah demi kepentingan dan kemajuan masyarakat, bangsa dan negara kita. Namun Dansatgas juga meminta bantuan fasilitas Kesehatan bagi Satgas Yonif 713/ST yang bertugas di Perbatasan RI-PNG.

Dansatgas juga menambahkan kami akan memperketat keamanan dan kami akan membantu security yang ada di kantor PLBN serta akan menjadwalkan patroli bersama dengan rekan kepolisian yang ada di Skouw.

Dari rapat koordinasi ini maka diputuskan bahwa jam pembukaan yang di sepakati jam 09:00 WIT s.d 14:00 WIT, jumlah pengunjung umum ditiadakan sampai kondisi aman, ojek dengan gerobak ditiadakan dulu, bagi masyarakat yang berkebun agar melewati PLBN dan Pos bersama akan di dirikan di Depan pasar Skouw.

Hasil rapat tersebut akan digunakan sebagai bahan rapat dengan  pihak Negara PNG agar kesepakatan tersebut dapat diterapkan kepada warga PNG yg akan masuk ke wilayah Indonesia

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages