Singapura Kirim Bantuan Alkes Untuk Indonesia - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, July 10, 2021

Singapura Kirim Bantuan Alkes Untuk Indonesia


(Puspen TNI). Dalam rangka membantu pemerintah Indonesia dalam penanganan lonjakan kasus pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah Singapura melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta mengirimkan Alat Kesehatan (Alkes) untuk dipergunakan oleh Rumah Sakit khusus Covid-19 dan Nakes yang tengah bertugas di lapangan, bertempat di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat, (9/7/2021).

Bantuan Alkes yang diangkut mengunakan dua pesawat Hercules  SAF 9179 & SAF 9180 milik Republic Singapore Air Force (RSAF), setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, langsung diserahterimakan secara simbolis oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Mr. Anil Kumar Nayar kepada Menteri Luar Negeri yang diwakili oleh Kepala Biro Umum Kementerian Luar Negeri RI Sigit S. Widiyanto, S.IP., didampingi oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., beserta perwakilan pejabat dari Kemenkes RI dan Puskes TNI.

Dalam keterangannya, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., menyampaikan bahwa bantuan Alkes dari pemerintah Singapura yang diangkut menggunakan dua pesawat Hercules dengan berat masing-masing 5 ton ini berupa ventilator, tabung kosong oksigen, masker bedah, dan APD. Kemudian untuk bantuan tabung isi oksigen akan dikirim melalui jalur laut dan akan tiba di Indonesia pada hari Rabu (14/7) di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menggunakan kapal milik pemerintah Singapura.

"Seluruh Alkes bantuan pemerintah Singapura selanjutnya akan disalurkan kepada Kemenkes RI, Kemenhan RI dan Mabes TNI yang kemudian akan diserahkan ke tiga Angkatan untuk segera didistribusikan penggunaannya," ujar Danlanud.

Sebelum meninggalkan pangkalan, seluruh Alkes diperiksa kelengkapan dokumennya

oleh tim Bea Cukai Halim Perdanakusuma.

 

Adapun keseluruhan bantuan Alkes dari pemerintah Singapura yakni 220 ventilator, 756 unit tabung isi oksigen konsentrat, 600 Philips Respironics Everflo Oxygen Concentrators, 75.000 buah masker bedah, 25.000 buah masker N95, 2000 pasang sarung tangan bedah, 1000 tutup kepala bedah OKA dan 1000 pakaian APD.

 

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Alkes ini Kabidmatfaskes Puskes TNI Kolonel Laut (K) Asngari, Apt., Plh. Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI Dr. Sumarjaya, S.Sos, SKM., M.M., MFP, CFA., dan Kasi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Halim Perdanakusuma Bobi Patigor Tampubolon, S.H.


No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages