Perkuat Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara di Tengah Ancaman Global - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, February 17, 2022

Perkuat Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara di Tengah Ancaman Global

 


Pendam XIII/Merdeka, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh berikan materi "Memperkuat Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara di Tengah Ancaman Global" pada kegiatan Webinar Nasional yang bertempat di Aula Lantai 4 Kantor Pusat Universitas Sam Ratulangi, Kamis (17/2/2022). 

Webinar Nasional yang bertajuk Wawasan Kebangsaan Intelektual Muda di Era Pandemi dan Medsos ini merupakan agenda rutin Universitas Sam Ratulangi untuk meningkatkan konsep dasar pemahaman dan aktualisasi wawasan kebangsaan para mahasiswa sebagai generasi muda Indonesia di era Revolusi 4.0 dengan menghadirkan beberapa narasumber ternama, diantaranya Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, SH, MM dan Ketua KNPI Rio Rondokambey. 

Dalam materinya Pangdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa ancaman global saat ini yang ditemui hampir di setiap negara-negara. Salah satunya adalah ancaman terhadap lingkungan hidup, di mana kerusakan lingkungan membawa dampak buruk di setiap belahan negara mana pun. Hal tersebut tentunya berpotensi menimbulkan konflik horisontal. Negara-negara yang terancam lingkungan hidupnya akan mencoba menginvasi negara-negara yang memiliki lingkungan alam yang subur. 

"Persaingan antar negara akan terus terjadi demi suatu kepentingan yaitu untuk bertahan hidup." ucap Pangdam.

Dalam seminar tersebut Pangdam XIII/Merdeka juga mengutip kata-kata dari Presiden RI pertama Ir. Soekarno  yang, "Suatu saat, negara-negara luar akan sadar betapa kayanya kita, negara Indonesia."

Pangdam melanjutkan materinya dengan menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu ancaman yang serius di era saat ini. 

Semakin bertambahnya kasus Covid-19 akhir-akhir ini telah mendorong kita semua untuk melakukan berbagai upaya untuk menghentikan laju penyebaran. 

Di sinilah pentingnya kesadaran kita semua sebagai warga negara serta peran generasi muda untuk meyakinkan masyarakat bahwa dengan bersatu kita dapat mengakhiri wabah tersebut. 

"Pandemi juga menjadi salah satu ancaman kesehatan di era saat ini," tutur Pangdam. "Butuh kesadaran kolektif dalam memerangi Pandemi Covid-19." tambahnya.

Di akhir materinya Mayjen TNI A. Denny Tuejeh menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan dan kesadaran akan bela negara harus terus menerus dilakukan agar kelak generasi penerus bangsa Indonesia tidak akan lupa bahwa landasan negara Indonesia adalah Pancasila. 

"Wawasan kebangsaan harus bersifat kontemporer dan dilestarikan dari masa ke masa agar pemahaman tentang Pancasila di generasi mendatang tidak akan pudar." tutup Pangdam.

Turut hadir mendampingi Pangdam XIII/Merdeka diantaranya Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Idris Soemantri Roni, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Daniel Lalawi dan Kapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Jhonson M. Sitorus. 

Autentikasi:

Letkol Inf Jhonson M. Sitorus

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages