Kegiatan Kunjungan Museum Ingatkan Pengunjung untuk Persatuan NKRI - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, March 31, 2022

Kegiatan Kunjungan Museum Ingatkan Pengunjung untuk Persatuan NKRI


Musmonpus,  Kegiatan Kunjungan Museum Ingatkan Pengunjung untuk Persatuan NKRI dengan mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman Jl. Bintaran Wetan No.3 dan Museum Dharma Wiratama Jl Jend Sudirman 75 Yogya, Kamis 31 Maret  2022.

Berbagai rombongan  tersebut ialah pelajar dan guru dari SMP Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta; peserta dari guru-guru SD/MI di Yogyakarta; serta rombongan dari Takmir Masjid Al-Manar Jatirejo, Melati, Sleman.

Menurut Pjs Kepala Museum Jenderal Bessr Sudirman, Mayor Caj Heru Santoso, mengatakan rombongan dari SMP Ali Maksum terdiri dari 104 orang, peserta guru SD/ MI sejumlah 54 orang, dan rombongan Takmir Masjid Al-Manar mencapai 45 orang. Dalam kunjungan ini, mereka dijelaskan mengenai sejarah gedung museum dan tentang perjuangan Jenderal Sudirman. Para siswa dari SMP Ali Maksum dan pengunjung lainnya dengan cermat mendengarkan materi tersebut dan mencatatnya di buku.

Selain itu, Mayor Caj Heru Santoso juga menjelaskan mengenai pesan moral Panglima Besar Jenderal Sudirman yang terdapat di gedung utama museum. Pesan moral tersebut adalah “Janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi tidak akan berarti apa-apa, tetapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala-galanya.” Pesan moral tersebut mengingatkan kita betapa pentingnya Persatuan dan Kesatuan kemudian bahwa perbedaan tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk berpecah-belah, melainkan dimaknai sebagai kekayaan budaya serta sebaliknya menguatkan untuk menyatukan kita menjaga keutuhan NKRI.

Ketiga rombongan ini memanfaatkan fasilitas yang ada di Museum Jenderal Besar Sudirman. Rombongan menghabiskan waktu bersama cukup lama, yang tentunya berfoto bersama di depan gedung museum dan di dalam museum tersebut. Semoga di hari berikutnya pengunjung dapat lebih banyak berdatangan dan lebih memahami sejarah perjuangan Jenderal Sudirman.

Kemudian ditempat terpisah Kabalakmusmonpus Kolonel Inf Drs. Andi Muhammad Suryadarman, M.H. dalam keterangannya mengatakan bahwa kunjungan tersebut untuk mempelajari perjuangan para pahlawan dan sebagai referensi terhadap nilai nilai juang para pahlawan serta memberikan bekal dalam meneladani jiwa patriot para kesuma bangsa dimasa akan datang.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages