Evaluasi Menyeluruh Satgas Operasi TNI AD - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, April 8, 2022

Evaluasi Menyeluruh Satgas Operasi TNI AD



Pendam XIII/Merdeka. Pelaksanaan tugas operasi yang dilaksanakan oleh satuan-satuan TNI AD dievaluasi secara menyeluruh melalui vicon yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Dudung  Abdurachman, S.E., M.A, pada Jumat (8/4/2022).


Rapat eveluasi yang diikuti oleh para Panglima jajaran TNI AD ini ditujukan untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan tugas operasi di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya terkait kepemimpinan militer, profesionalisme keprajuritan, serta sistem, perlengkapan dan doktrin pertempuran.


Salah satu hal yang menjadi perhatian Kasad adalah sikap dan perilaku prajurit dikaitkan dengan kesenjangan generasi. Prajurit sekarang cenderung kurang militan, mudah menyerah, dan kurang fokus terhadap tugas akibat pengaruh buruk kemajuan teknologi, khususnya internet. Hal ini harus segera ditangani.


Kasad juga menegaskan, ”Seorang pemimpin pasukan, bahkan dari unit yang paling kecil pun, harus berani mengambil keputusan. Kalau keputusan itu benar, itu bagus. Kalau salah pun tetap lebih bagus daripada tidak berani mengambil keputusan sama sekali.”




Kasad selanjutnya memerintahkan agar para prajurit yang bertugas di daerah operasi tidak dibiarkan bertempur sendiri. Para Panglima jajaran TNI AD (Pangkostrad, Pangdam, Danjen Kopassus), sampai dengan tingkat Komandan Kompi, wajib menilai kemampuan taktis dan kebutuhan operasi prajuritnya agar mereka dapat melaksanakan tugas secara optimal.


Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus menerangkan bahwa kemajuan teknologi benar-benar sangat mempengaruhi tidak hanya sikap dan perilaku prajurit yang sedang menjalankan tugas operasi, tetapi juga mengubah cara dan paradigma bertempur musuh. Hal ini yang harus diantisipasi oleh setiap komandan dan prajurit yang sedang melaksanakan tugas di daerah operasi.


Turut hadir mendampingi Pangdam XIII/Merdeka di antaranya adalah Asintel, Asops, dan Danyonarmed 19/Bogani yang saat ini sedang dalam persiapan untuk berangkat tugas operasi pengamanan perbatasan darat Indonesia-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat sektor Timur.

 

Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages