Prada Didi Peroleh Kalungan Bunga Dari Ketua Persit - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, April 14, 2022

Prada Didi Peroleh Kalungan Bunga Dari Ketua Persit




Pendam XIII/Merdeka
,- Prada Didi Afriansyah Fitdin berhasil menjadi lulusan terbaik Dikmata (Pendidikan Pertama Tamtama) TNI AD Rindam XIII/Merdeka, sehingga memperoleh pengalungan bunga dari  Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny. Cicilia Evie Denny Tuejeh saat pelantikan prajurit siswa Dikmata menjadi seorang prajurit Tamtama TNI AD di Lapangan Upacara Secata Bitung, Kamis (14/4/2022).


Prada Didi adalah seorang pemuda dari daerah terpencil, tepatnya Desa Kautu di Pulau Peleng Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah. Saat pelantikan, Prada Didi didampingi oleh ibunya.  


Dalam acara pelantikan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh menyampaikan rasa bangganya bisa melantik prajurit-prajurit lulusan Secata Rindam XIII/Merdeka. Mayjen Tuejeh bahkan memperoleh kesan yang sangat baik terhadap kelulusan periode ini. 


Dalam kesempatan tersebut Pangdam juga sempat bercerita bahwa melewati pendidikan pertama keprajuritan selama 5 bulan adalah satu masa yang sangat sulit untuk dilalui bagi setiap orang yang pernah menjadi prajurit TNI. ”Mengubah dari sikap sipil menjadi sikap militer, terlebih mengubah dari kebiasaan yang tidak pernah menurut orang tua menjadi seorang prajurit yang penurut terhadap perintah atasan, itu sangat sulit,” jelas Tuejeh.


Pangdam juga berpesan bahwa semua prajurit baru mulai sekarang mempunyai tanggung jawab yang sama, yaitu mengawal dan menjaga kedaulatan Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. 

 

“Yang juga harus dicatat,” tambah Pangdam, “menjadi tentara tidak dipungut biaya. Saya tidak main-main. Menjadi prajurit tidak pakai duit. Kalau ada yang minta-minta uang kepada bapak dan ibu sekalian, apalagi yang mengaku seorang tentara, cari Panglima Kodam XIII/Merdeka. Kalau terbukti, saya jamin dia besok masuk sel.”     

Setelah menyelesaikan pendidikan kemiliteran pertama ini seluruh prajurit baru akan mengikuti pendidikan tahap ke dua, yakni pendidikan kecabangan, mulai dari kecabangan tempur seperti infanteri, kavaleri, artileri medan (Armed), artileri pertahanan udara (Arhanud), zeni, maupun kecabangan administrasi seperti Ajen, perhubungan, perbekalan dan angkutan, peralatan, kesehatan dan polisi militer


Di akhir acara juga ditampilkan atraksi/demonstrasi oleh para pajurit-prajurit yang baru lulus dengan ketangkasan militer dasar, antara lain bongkar pasang senjata dengan mata tertutup, senam sparco dan memecah balok beton. Bahkan, salah satu lulusan prajurit  baru Prada Opit Rando Eduardo Koraag mendemonstrasikan kekuatan menarik kendaraan truk dengan beban 2,5 ton.


Hadir dalam acara tersebut para pejabat utama Kodam XIII/Merdeka yakni Irdam, Kapoksahli, Danrindam, para Asisten, para Kabalak serta Dandim 1310/Bitung dan jajaran Persit PD XIII/Merdeka. (Pendam XIII/Merdeka)


Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages