Prosesi Penerimaan Adat Gorontalo “Mopotilolo” Dandim 1304/Gorontalo - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, March 24, 2018

Prosesi Penerimaan Adat Gorontalo “Mopotilolo” Dandim 1304/Gorontalo

Gorontalo.   -Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos Dandim 1304/Gorontalo beserta keuarga pada hari ini 23/31018 mendapat kehormatan penerimaan secara adat Tradisi kebudayaan Gorontalo yang diberikan kepada petinggi -Petinggi, pejabat yang akan memimpin, bekerja atau baru pertama kali datang dan menginjakkan kaki di bumi Gorontalo, kegiatan ini sebagai bentuk syukur terhadap kepala dearah yang baru atau akan memimpin di Wilayah Provinsi Gorontalo. Mopotilolo sendiri adalah upacara kebesaran dan kehormatan prosesi penyambutan ketika tamu kehormatan atau kepala daerah yang pertama kali berkunjung ke Provinsi Gorontalo, dalam arti lugas keberadaan letkol Inf Allan surya lesmana, S.Sos Dandim 1304/Goronalo beserta keluarga sudah diterima dengan baik oleh Warga Provinsi Gorontalo dan sudah diperbolehkan untuk melakukan lawatan dan kunjungan kerja di Wilayah Provinsi Gorontalo.

AdapunProsesi adat Mopotilolo diawali dengan penyambutan di gerbang adat oleh sejumlah tokoh adat. Sambil diiringi oleh genderang adat dan lagu-lagu sanjungan, serta dikawal oleh pasukan adat. Dandim 1304/Gorontalo bersama Ibu berjalan dari rumah kediaman menuju ruang pelaksanaan mopotilolo di Rudis Dandim 1304/Gorontalo Kel. Biawao Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Kegiatan Penerimaan Adat Mopotilolo ini diselengarakan oleh Pemerintahan Kota Gorontalo dan dihadiri langsung oleh Dr. Ir. Ismail Madjid, M.tp (Sekda Kota Gorontalo) dalam hal ini menjabat sebagai Plt. Wali Kota Gorontalo. Adapun Rangkaian kegiatan acara adat Mopotilolo dilanjutkan dengan sungguhan minuman dan kue adat Gorontalo serta ucapan selamat datang di Kota Gorontalo dari para pemangku adat Provinsi Gorontalo.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari sekda Kota Gorontalo Dr.Ir Ismail Madjid, M.tp yang pada intinya yaitu Mopotilolo merupakan kegiatan penyambutan Dandim 1304/Gorontalo yang baru secara adat. Motolillolo adalah penjemputan pejabat Daerah yang akan disambut dengan adat sebelum melaksakan tugas di Provinsi Gorontalo sebagai bentuk kehormatan. Atas nama Pemerintah Kota Gorontalo kami sampaikan selamat melaksakan tugas kepada Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos Dandim 1304/Gorontalo di Provinsi Gorontalo.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Tilolo yaitu Penerimaan Dandim 1304/Gorontalo oleh pemangku adat dan sekaligus ucapan pesan dari perwakilan pemangku adat bahwa hari ini 23/3/2018 kami pemangku adat Gorontalo, disana disini telah menyuguhkan adat penghormatan yang di sebut dengan Tilolo terhitung sejak hari ini sudah diterima masyarakat atau adat Gorontalo sebagai Dandim 1304/Gorontalo, kami pemangku adat turunan leluhur, sumber segala sesuatu dan dihadiri penguasa negeri dari segala penjuru menyaksikan untuk memakmurkan negeri hindari kekerasan, rakyat akan cerai berai. semoga bapak dan ibu memperoleh umur yang panjang, semoga subur tanaman di negeri ini.

kemudian kegiatan di akhiri dengan doa bersama

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages