TINGKATKAN PRODUKSI PANGAN, BABINSA LOLAYAN BANTU GARAP LAHAN PETANI - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, July 2, 2018

TINGKATKAN PRODUKSI PANGAN, BABINSA LOLAYAN BANTU GARAP LAHAN PETANI

photo_2018-06-30_20-42-34

photo_2018-06-30_20-42-42LOLAYAN - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-04/Lolayan Serda Mulich Makalalag membantu Kelompok Tani "Jaya Kinali" membajak sawah seluas 3 hektar dengan menggunakan hand traktor, di Desa Tanoyan Selatan Kec Lolayan Kab Bolmong, Minggu (01/07/2018).


Serda Mulich mengatakan, pengolahan sawah menggunakan hand traktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Hal ini karena sifat fisik tanah yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.


“Sebelumnya Kelompok Tani "Jaya Kinali" menggunakan hewan sapi untuk membajak sawah, karena membutuhkan waktu yang lama, sehingga petani saat ini menggunakan hand traktor guna mempersingkat waktu pengolahan sawah,”ujarnya.


Serda Mulich menambahkan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah tersebut yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Selanjutnya airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air. “Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini, diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, “ungkapnya.


“Dengan menggunakan alat ini, dapat mempercepat pengerjaan, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dapat meningkatkan hasil panen dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan Nasional,” Tutup Serda Mulich.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages