SAMBUTAN PADA PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, August 28, 2018

SAMBUTAN PADA PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS







SAMBUTAN PADA PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI DI LINGKUNGAN ……………..TA ………

Hari/Tgl :
Waktu :
Tempat :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita sekalian.
Syaloom.
Om Swastiastu.

Yang terhormat Bapak Gubernur……………
Yang saya hormati:
1. Ketua DPRD ….
2. Bapak Kapolda …….
3. Bapak Kajari ……….
4. Bapak Kakanwil DJKN …………
5. Bapak Kepala Perwakilan Ombudsman RI ......
6. Bapak Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM ……………
7. Bapak Kepala BPKP ………….
8. Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama;
9. Para Tim Pelaksana Pembangunan Zona Integritas …………; dan
10. Para Dansat dan Kadisjan di Willayah ………. serta Anggota ……………. sekalian yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam rangka Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Lingkungan ……………..

Bapak Gubernur dan para undangan sekalian yang saya hormati.

Sebagaimana kita ketahui bersama dilakukannya pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme merupakan upaya meningkatkan kinerja, tidak hanya demi mewujudkan Reformasi Birokrasi ………….. yang merupakan target yang telah ditetapkan dalam membentuk institusi ……….. yang profesional dan modern, akan tetapi sudah menjadi keharusan yang utamanya adalah untuk dapat memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat di dalam penegakan supremasi hukum. Tanpa komitmen dan keinginan yang kuat untuk mengembalikan martabat serta kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum, keadilan yang menjadi dambaan publik kita saat ini akan sulit untuk dicapai.

Harus diakui saat ini tetapi masih terdapat berbagai hambatan dalam merealisasikan keinginan masyarakat akan perubahan Satuan yang lebih baik lagi, mengingat masih ada oknum- oknum, yang melakukan tindakan tidak terpuji yang telah melukai hati masyarakat pencari keadilan serta berbagai tantangan, hambatan dan gangguan, baik secara eksternal maupun internal, sehingga sedikit banyak mempengaruhi wibawa dan citra Satuan secara keseluruhan.

Penerapan zona bebas KKN ini adalah salah satu formulasi yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa serta citra Satuan, dengan mengamalkan pencanganan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme diiringi keberhasilan atas pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Satuan secara sungguh-sungguh dan konsekwen tentunya akan mampu menghadirkan insan aparatur Satuan yang handal dan profesional dalam melaksanakan tugas. Dengan pencanganan Zona Integritas ini, diharapkan terdapat perbaikan nyata di masa yang akan datang sebagai sebuah landasan yang kokoh.

Dengan integritas yang kokoh ini terwujudnya penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai dengan harapan masyarakat dapat terealisasi.

Bapak Gubernur dan para undangan sekalian yang saya hormati.

Satuan sudah pasti ingin segera mewujudkan Zona Integritas sebagai predikat yang diberikan kepada kementerian / lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani masyarakat, agar mendapat prestasi wilayah bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, hendaknya seluruh personel Satuan menjadi terpacu untuk terus meningkatkan kinerja dan kompetensinya, sehingga seluruhnya terbebas dari praktek perbuatan tercela yang mencederai amanah rakyat.

Berbagai kegiatan dalam rangka memenuhi indikator utama program pencegahan korupsi yang seiring dengan program percepatan Reformasi Birokrasi, Satuan terus berupaya mengimpelentasikannya seperti dengan dilakukannya penandantanganan dokumen pakta integritas, menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Akuntabilitas Kinerja, Laporan Keuangan, Penerapan Standart Operating Procedure (SOP) Aparat Pemerintah, Whistle Blower System, program pengendalian gratifikasi, kebijakan penanganan konflik kepentingan, program inisiatif anti korupsi, post employment policy dan pelaporan transaksi keuangan yang tidak wajar oleh PPATK. Disamping itu Satuan terus berupaya memenuhi 6 unsur indikator penunjang yaitu promosi jabatan secara terbuka, rekruitmen secara terbuka, mekanisme pengaduan masyarakat, e-procurement, pengukuran kinerja individu dan keterbukaan informasi publik dimana itu semua menjadi output dari birokrasi yang efektif, efisien, bersih dan bersifat melayani.

Bapak Gubernur dan para undangan sekalian yang saya hormati.

Integritas dalam konteks organisasi adalah kesatuan integritas individu ditambah dengan nilai-nilai organisasi yang wajib diadopsi oleh setiap personel Satuan. Tentunya saya mendorong agar setiap personel baik prajurit maupun PNS bisa berjalan beriringan dengan nilai-nilai kelembagaan, karena integritas individu tersebut adalah gambaran dari performa kinerja Satuan di mata masyarakat.

Perlu dipahami bahwa integritas tidak terpisahkan dengan komitmen kita bersama sebagai sustainable commitment. Bahwa pencanangan Zona Integritas ini tidak hanya berhenti setelah terwujudnya “Wilayah Bebas KKN” saja lalu semuanya mengendur, akan tetapi tetap harus dijaga kelestariannya dan diwariskan kepada para penerus dibawah. Hapus paradigma lama dan buat paradigma baru yang sesuai dengan cita-cita penegakan hukum.

Satuan yang ideal sebagai sebuah Alat Pertahanan Negara yang profesional dan modern, independen, dan bermartabat. Hal ini terus menjadi parameter yang selalu diupayakan dan diperjuangkan oleh seluruh jajaran Satuan tanpa terkecuali. Begitu pula dengan pembentukan citra Satuan harus

selaras dan seiring dengan peningkatan kinerja dalam mewujudkan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, serta menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah Provinsi …………. 

Dalam rangka mewujudkan hal ini, Reformasi Birokrasi Satuan yang profesional harus terus dioptimalkan dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN serta mampu melayani publik secara netral serta berdedikasi, saya merasa perlu mengingatkan, pentingnya peranan setiap pimpinan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas bawahannya. Setiap pimpinan harus secara terus menerus, meningkatkan mutu pengendalian dan pengawasan program yang dilaksanakan, khususnya dalam menjalankan program Reformasi Birokrasi satuan, guna pencapaian optimalisasi kinerja aparat satuan. Harus dipahami bahwa hal ini tentunya tidak hanya menjadi beban aparatur yang ada di pusat saja, akan tetapi hendaknya diterapkan secara menyeluruh hingga ke daerah.

Tentunya peningkatan kinerja bukan hanya masalah kuantitas, tetapi yang lebih penting adalah masalah kualitas, seperti profesionalitas, integritas moral dan kepekaan terhadap aspirasi rasa keadilan yang berkembang dalam masyarakat.

Bapak Gubernur dan para undangan sekalian yang saya hormati.

Melalui kegiatan pencanangan Zona Integritas ini saya mengharapkan bahwa apa yang akan kita laksanakan pagi ini hendaknya menjadi penyemangat bagi satuan kerja di bawah untuk melaksanakan semua ketentuan dan aturan pemberantasan KKN, Reformasi Birokrasi dan pelayanan publik yang tentunya didukung dengan pengawasan yang konsisten dan obyektif.

Acara launching zona bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di lingkungan satuan yang akan kita laksanakan hari ini akan segera disosialisasikan dan direkomendasikan dalam Rapat Panitia Program dan Anggaran satuan tahun ……. yang akan dilaksanakan mulai esok. Mari kita sukseskan dan dukung pencanangannya, sehingga implementasinya mampu memenuhi harapan masyarakat, baik dari sisi objektifitas maupun akuntabilitasnya yang mendorong terciptanya suasana yang kondusif dalam mengembalikan hak masyarakat memperoleh pelayanan publik, keadilan dan kesejahteraan.

Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa mengilhami, menjaga serta memberikan kekuatan bagi kita sekalian dalam melaksanakan ikhtiar kita menegakkan integritas prajurit satuan yang bermartabat.

Sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Syaloom. Om santi santi santi om.


No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages