TMMD Ke-114 Kodim 1312/Tld Gelar Penyuluhan Stunting dan Posbindu - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, August 7, 2022

TMMD Ke-114 Kodim 1312/Tld Gelar Penyuluhan Stunting dan Posbindu


PendamXIII/Merdeka,-Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-114 Kodim 1312/Tld telah melaksanakan kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan sosialisasi Stunting dan Posbindu yang digelar oleh Koramil 05/Esang yang bekerja sama dengan puskesmas Talaud kepada masyarakat, ibu-ibu, serta para siswa dan siswi SMP Negeri 2 Esang Kec. Gemeh yang bertempat di Aula SMP Negeri 2, Kamis (04/08/2022)


Selaku pembawa materi Ibu Dorci Lobu, Amd. Kep. (Pejabat Gizi Puskesmas Talaud) menjelaskan bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia. 


Pendek dan stunting bisa dibedakan dengan memperhatikan kondisi keluarganya. Anak dengan tubuh pendek biasanya terlahir dari orang tua yang tidak terlalu tinggi. Hal berbeda biasanya dijumpai pada anak stunting yang terus mengalami keterlambatan tumbuh. Anak stunting biasanya tumbuh lebih lambat sekitar 4 sentimeter tiap tahun di masa pra pubertas. Anak stunting juga mengalami keterlambatan masa puber yang biasanya di usia 15 tahun.”Imbuhnya.


Dorci juga menjelaskan sedangkan (Posbindu) Pos Binaan Terpadu adalah kegiatan monitoring deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, gangguan akibat kecelakaan serta tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui Pos pembinaan terpadu.


Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus dalam keterangannya mengatakan bahwa penyuluhan sosialisasi Stunting dan Posbindu ini merupakan salah satu kegiatan TMMD 114 berupa sasaran Non fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua khususnya ibu-ibu tentang pentingnya asupan gizi, serta merencanakan kehamilan dan pernikahan. 


Kapendam juga menjelaskan bahwa “materi penyuluhan sosialisasi Stunting dan Posbindu tersebut diselenggarakan guna memberikan pengetahuan tentang mencegah terhambatnya perkembangan otak dan pertumbuhan anak serta asupan makanan dan gizi.”imbuhnya.


kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat, ibu-ibu, serta para siswa dan siswi kemauan ingin tahu tentang apa itu stunting dan Posbindu. Kapendam berharap segala materi yang diberikan oleh para pembicara dapat bermanfaat bagi masyarakat Kec. Gemeh.


Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages