MA Ar Rohman Cikoneng, Ciamis, Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, September 27, 2022

MA Ar Rohman Cikoneng, Ciamis, Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman

Sebanyak 146 orang siswa Msdrasah Aliah ARahman Cikoneng, Ciamis Jawa Barat mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman yang di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

 Kunjungan ini dilaksanakan pada Selasa, 27 September 2022 dengan tema *Berwisata sambil Belajar* (study tour). 

Para siswa didampingi oleh 25 orang guru pendamping sekaligus guru pembimbing.

 Kunjungan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menghindari kerumunan dalam penerapan protokol kesehatan.

Setiba di Museum Jenderal Sudirman, para siswa diterima oleh Mayor Caj Heru Santoso selaku Kepala Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman dan berkumpul di aula untuk mendengarkan pengarahan dari pemandu. Dengan tetap menjaga ketertiban, anak-anak mendengarkan dengan penuh semangat dan antusias. 

"Kalian adalah generasi penerus bangsa yang harus mengenal para Pahlawan Kusuma Bangsa". Salah satunya adalah Jenderal Besar Sudirman. Sosok yang bisa menjadi teladan yang baik sehingga kelak nanti kalian dapat meneruskan perjuangan beliau dalam mempertahankan dan mengisi Kemerdekaan .

 Dengan mengenalkan sejarah sejak dini, dapat membuat mereka memiliki rasa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air sehingga akan tumbuh dewasa menjadi generasi yang bijak dalam menentukan masa depan," ungkap Kabalakmusmonpus Letkol Arm Djati Saptowibowo, S.IP dalam sambutannya yang disampaikan Mayor Caj Heru .

Pemandu menyampaikan pesan-pesan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. 
Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Kata mutiara Jenderal Sudirman "Yang sakit Sudirman, Panglima Besar tidak pernah sakit". Ini adalah teladan semangat pantang menyerah Jenderal Sudirman di mana meskipun sakit, beliau tidak mengenal menyerah dalam mewujudkan cita-cita negara yaitu masyarakat adil dan makmur. Teladan ini dapat diterapkan ke kehidupan sehari-hari pelajar, di mana hendaklah belajar giat dan pantang menyerah untuk mencapai cita-cita. 
2. *Jas merah* jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah; dan
3. Sejarah merupakan guru yang sangat bijak dalam menentukan masa depan bangsa. 

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages