SMP CIMARANGGAS KAB CIAMIS Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, December 3, 2022

SMP CIMARANGGAS KAB CIAMIS Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama

Hari Sabtu tanggal 3 Desember 2022 siswa SMP Cimaranggas Kabupaten Ciamis Jawa Barat berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta.

Rombongan siswa SMP Cimaranggas ber jumlah 300 org terdiri dari 250 siswa, 35 guru pendamping beserta 15 orang pendukung.

Kunjungan ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama diselenggarakan dalam rangka *Belajar Sejarah di luar Kelas* setelah para siswa selesai mengikuti kegiatan ujian Tengah Semester ( Mid Semester). Kegiatan kunjungan Museum ini dimaksudkan agar siswa mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan tidak semata- mata dari buku pelajaran atau referensi yang berasal dari dalam kelas.

Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama Pkl. 13.30 Wib diterima oleh Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum.

Dalam sambutannya Kpt Yanti Murdiani berterima kasih kepada pihak sekolah SMP Cimaranggas yang menjadikan Museum Dharma Wiratama sebagai destinasi kunjungan Study Tour ke Yogyakarta. Kpt Yanti berharap dengan berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama para siswa mendapat pengetahuan tentang sejarah perjuangan para pendahulu bersama TNI dalam perang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
"Dengan berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama semoga menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme para pelajar semua" harap Kpt Yanti dalam akhir sambutannya.

Rombongan siswa SMP Cimaranggas selanjutnya dipandu oleh Kpt Caj Yanti, Pns. Supartiyono, Pns.Wiwik, Kopda Irvan dan sdr. Koeny selaku Duta Museum Dharma Wiratama.

Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias meskipun masih menerapkan protokol kesehatan di museum.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama adalah museum sejarah yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
2. Selain sebagai media inspirasi dan rekreasi museum Dharma Wiratama juga berfungsi sebagai media edukasi.
3. Jadikan Sejarah sebagai guru kehidupan agar ke depan kita lebih bijak
4. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
5. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kunjungan siswa SMP Cimaranggas ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama berakhir pkl. 14.30 berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan kunjungan terlampir.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages