Taruna Tk II ( Sersan Taruna ) Akmil Magelang, Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, December 3, 2022

Taruna Tk II ( Sersan Taruna ) Akmil Magelang, Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman

Hari Sabtu, tanggal 3 Desember 2022,
sebanyak 50 Taruna Akmil Magelang,Taruna Tingkat II ( Sersan Taruna) mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

 Kunjungan dalam rangka Pesiar Terpimpin mengangkat tema *Berwisata sambil Belajar Sejarah* (study tour). 

Rombongan Taruna dipimpin oleh Kpt Arm Ridwan, dan didampingi oleh 5 pengasuh.

 Setiba di Museum Jenderal Besar Sudirman, para Taruna diterima oleh Mayor Caj Heru Santoso selaku Kepala Museum di aula untuk mendengarkan pengarahan dari pemandu. 
Dengan tetap menjaga ketertiban dan menerapkan protokol kesehatan, para Taruna mendengarkan dengan penuh semangat dan antusias.

Kolonel Arm Djati Saptowibowo,S.I.P., selaku Kepala Balakmusmonpus dalam sambutan yang disampaikan oleh Mayor Heru Santoso berpesan kepada Para taruna:
"Kalian adalah generasi penerus bangsa calon - calon pemimpin TNI yang akan datang harus mengenal para Pahlawan Kusuma Bangsa". Salah satunya adalah Jenderal Besar Sudirman. Sosok yang bisa menjadi teladan yang baik sehingga kelak nanti kalian dapat meneruskan perjuangan beliau dalam mempertahankan dan mengisi Kemerdekaan.

"Dengan mengenalkan sejarah dapat memotivasi dan menginspirasi para Taruna untuk memiliki rasa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air sehingga tumbuh menjadi generasi yang bijak dalam menentukan masa depan," ungkap Kolonel Djati mengakhiri sambutannya.

Mayor Caj Heru Santoso sebagai pemandu selanjutnya menyampaikan dan menjelaskan tentang sejarah bangunan museum, sejarah dan kisah perjuangan Jenderal Besar Sudirman dengan didukung data dan fakta melalui benda-benda korporil dalam bentuk koleksi benda-benda pribadi milik Jenderal Sudirman dan keluarga yang masih tersimpan dan terjaga rapi di museum ini.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Kata mutiara Jenderal Sudirman "Yang sakit Sudirman, Panglima Besar tidak pernah sakit". Ini adalah teladan semangat pantang menyerah.
2. Pesan *Lima Setia* yang dipedomani oleh Pangsar Jenderal Sudirman yaitu Setia Akidah, Setia Ibadah, Setia Ilmu, Setia Berkorban & Setia Perjuangan.
3. Sejarah adalah guru terbaik dalam kehidupan.
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kegiatan berjalan tertib, lancar dan aman.
Dokumentasi terlampir

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages