Langkah Tanggap dan Sigap Prajurit Kodam XIII/Merdeka hadapi Situasi Banjir Manado - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, January 27, 2023

Langkah Tanggap dan Sigap Prajurit Kodam XIII/Merdeka hadapi Situasi Banjir Manado

 



PendamXIII/Merdeka,-Sebagian besar Kota Manado terutama di daerah aliran sungai tergenang akibat hujan yang mengguyur Kota Manado dan sekitarnya sejak Jumat tanggal 27 Januari 2023 pukul 03.00 Wita dini hari. Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan terjadinya bencana banjir hingga tanah longsor di berbagai titik di Kota Manado.

Prajurit Kodam XIII/Merdeka yang tergabung dalam Tim Terpadu Bencana Alam dengan tanggap dan sigap langsung turun ke lokasi bencana menuju sasaran mendekati rumah – rumah warga yang sudah terperangkap banjir dilengkapi perahu LCR untuk mengevakuasi korban banjir, salah satu lokasi banjir terjadi di wilayah Komo Dalam, Dendengan Luar Kecamatan Wenang Kota Manado. Jumat (27/1/2023).

Sedangkan 8 titik yang mengalami banjir Kota Manado, di antaranya daerah Bailang, Mahawu, Dendengan Dalam, Kubur Cina Paal 2, belakang kompleks Pasar Segar Paal 2, Kairagi, Ternate Tanjung dan Sumompo.

Prioritas penyelamatan yang utama adalah Lansia dan bayi, salah satunya adalah Oma Hamida Djama yang sudah berusia 73 tahun dan adik Reyhan Modanggu yang merupakan bayi berusia 27 Hari dan adik Arshaka Abian Usman yang berusia 1 bulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulut memperkirakan beberapa wilayah di Sulawesi Utara beberapa hari kedepan berpotensi hujan disertai dengan petir atau kilat dan angin kencang.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh menginstruksikan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam XIII/Merdeka agar selalu siaga mengingat Provinsi Sulut merupakan salah satu Provinsi yang memiliki potensi bencana dengan resiko berskala sedang sampai dengan tinggi sehingga kemungkinan terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrim cukup besar. Untuk itu perlu dilaksanakan upaya-upaya kesiapsiagaan potensi bencana menghadapi cuaca ekstrim seperti musim penghujan intensitas tinggi, Kodam XIII/Merdeka dalam hal ini sudah mensiagakan personel tanggap bencana sebagai langkah antisipatif menghadapi kondisi darurat guna membantu upaya penanggulangan bencana alam, beberapa sarana penunjang dalam rangka kedaruratan bencana juga disiapkan diantaranya perlengkapan materiil dapur umum, posko kesehatan, tempat penampungan sementara serta fasilitas penunjang lainnya yang tersebar di satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka terutama yang terletak di wilayah kota Manado dan sekitarnya.

Autentikasi:

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages