Kodam XIII/Merdeka Gelar Sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, January 26, 2023

Kodam XIII/Merdeka Gelar Sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat




PendamXIII/Merdeka,-Sebagai bentuk Proliferasi mendukung Program pemerintah dalam upaya pembentukan Komponen Cadangan, Kodam XIII/Merdeka bersama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggelar sosialisasi Undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara,  prioritas kegiatan yang dilaksanakan adalah Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara TA 2023, kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Dirjen Pothan Kemhan (Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan) RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh satuan jajaran Kodam XIII/ Merdeka melalui metode tatap muka dan melalui Vicon (Video Conference) di Aula GJS Makodam, Kamis (26/1/2023).


Sosialisasi Rekrutmen Komcad tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat dan memperbesar kemampuan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dalam menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman, tugas TNI sebagai komponen utama pertahanan negara saat ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.


Dalam Sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh yang dibacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta S. Sos., M.Si., mengatakan bahwa untuk meningkatkan kekuatan pertahanan negara, pemerintah telah memperluas peran masyarakat dalam upaya pertahanan negara melalui rekrutmen pembentukan Komcad.


“ Untuk itu perlu kita sadari, bahwa rekrutmen Komcad ini mempunyai target harus dapat meningkatkan marwah pemahaman generasi muda tentang nilai-nilai yang terkandung dalam bela negara, mulai dari rasa cinta tanah air, rela berkorban, kesadaran berbangsa dan keyakinan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, nasionalisme dan patriotisme."  Imbuh Kasdam.


Selain itu Kasdam juga menyampaikan “ Tugas membela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, tetapi merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam menjaga keberlangsungan NKRI."


Sementara itu, dalam paparan sosialisasi dari Kemhan yang disampaikan langsung oleh Dirjen Pothan Kemhan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha berintikan bahwa Kemhan memiliki harapan besar bahwa dengan adanya sosialisasi Komcad ini dapat menjadi pemicu informasi bagi audiens yang hadir guna nantinya disebarluaskan kepada seluruh masyarakat di wilayah Kodam XIII/ Merdeka agar mereka bisa tahu untuk selanjutnya berbondong-bondong memberikan kontribusi positif kepada bangsa dan negara melalui jalur Komcad.” Jelasnya.


Pada bagian lain 

disampaikan juga bahwa Komcad bukan pekerjaan tetapi Komcad adalah sebuah pilihan pengambilan sikap individu terhadap bentuk nyata perwujudan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. " Jelasnya.


Pada tahap selanjutnya pelaksanaan penggemblengan personil yang sudah terpilih akan dilaksanakan dan  dialokasikan di 5 (lima) tempat bertaraf nasional dengan komposisi 3 (tiga) Matra Darat yang bertempat di Rindam I/Bukit Barisan,  Rindam XIII/Merdeka dan Rindam XVIII/Kasuari, 1 Matra Laut dan 1 Matra Udara.


Khusus untuk Rekrutmen Komcad diwilayah Kodam XIII/ Merdeka, dialokasikan 300 orang akan terpilih menjadi anggota Komcad yang berasal dari berbagai sumber yaitu ASN, swasta, civitas akademika, generasi muda dan segenap komponen bangsa lainnya.


Adapun pendaftaran Komcad dimulai tanggal 2 Januari – 14 April 2023, kemudian dilanjutkan seleksi administrasi, seleksi kompetensi dan pantukhir, bagi yang memenuhi syarat selanjutnya akan mengikuti Latsarmil (Latihan dasar militer) serta latihan pembulatan dan upacara penetapan yang dilaksanakan selama 3 bulan.


Hadir dalam acara sosialisasi rekrutmen Komcad antara lain perwakilan dari unsur Forkopimda Provinsi Sulut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta S. Sos., M.Si., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Drs. Theodorus Kawatu, Kasrem 131/ Santiago Kol Inf  Hengky Yuda Setiawan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, para Asisten Kasdam XIII/ Merdeka, para Komandan dan Kabalakdam XIII/Merdeka, para perangkat daerah Walikota dan Bupati se Provinsi Sulut, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan BUMN, pimpinan perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, generasi muda Sulut dan segenap komponen bangsa di wilayah Provinsi Sulut.


Autentikasi:

Letkol Arm Beny Hendra Suwardi, S.Sos. M.A.P

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages