BANTU BAJAK SAWAH, SERDA SANGKALA SELALU HADIR BERSAMA PETANI - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, January 3, 2019

BANTU BAJAK SAWAH, SERDA SANGKALA SELALU HADIR BERSAMA PETANI




B O L S E L – Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian Serda Sangkala melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam membajak sawah, di lahan seluas 1 hektare milik Bapak Imran Simbala yang merupakan anggota Poktan "Karya Mandiri" Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolsel, Kamis (03/01/2018).

Saat dilokasi kegiatan Serda Sangkala mengungkapkan, pembajakan areal sawah ini dilakukan sebagai upaya percepatan tanam di wilayah binaannya, bertepatan dengan datangnya musim penghujan di bulan ini.

Masih lanjut Serda Sangkala, pengolahan menggunakan traktor bukanlah baru dalam pengolahan lahan untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan dengan biaya lebih murah.

"Dengan menggunakan hand traktor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma atau rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga menambah kesuburan tanah," terangnya.

"Tidak kalah pentingnya, pada pengolahan tanah sawah perlu diperhatikan juga perbaikan pematang sawah dan saluran air untuk memudahkan pengaturan irigasi pertanian sehingga akan mempermudah dalam perawatan tanaman," pungkasnya.

Pada kesempatan lain Plh Danramil 1303-06/Pinolosian Pelda Junil Tehalu mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa sebagai upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah.photo_2019-01-02_11-00-56

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages