TMMD ke-114 Talaud, Danramil Esang Bekali Siswa Wawasan Kebangsaan - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, August 10, 2022

TMMD ke-114 Talaud, Danramil Esang Bekali Siswa Wawasan Kebangsaan


PendamXIII/Merdeka
,-Dalam rangka Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-114 Kodim 1312/Talaud telah melaksanakan kegiatan non fisik salah satunya adalah memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan.

Kegiatan wawasan kebangsaan  ini digelar di Pendopo SMPN 2 Talaud Desa Gemeh, Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (9/8/2022)


Selaku pemberi materi pembekalan wawasan kebangsaan, Danramil 05 Essang Kodim 1312/Talaud Serma Will B. Bee menyampaikan bahwa lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Burung garuda yang kepalanya menoleh ke kanan dan terdapat perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda.


"Hal itu artinya semakin menguatkan toleransi dan rasa mencintai atas perbedaan agama, ras, suku bangsa, bahasa, adat, dan budaya yang ada di Indonesia." ungkap Danramil.


Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus selaku juru bicara Kodam XIII/Merdeka dalam keterangannya mengatakan bahwa wawasan kebangsaan ini merupakan salah satu kegiatan TMMD 114 berupa sasaran Non fisik yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa patriotisme para siswa dan siswi Desa Gemeh, Kepulauan Talaud.


“Salah satu sasaran non fisik dalam program TMMD ke-114 Kodim 1312/Talaud yakni kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan. Kegiatan tersebut diselenggarakan guna meningkatkan wawasan berpikir para siswa agar kecintaan mereka terhadap kerukunan antar budaya dan adat istiadat di Negara Republik Indonesia ini.” ujar Kapendam


Kapendam juga menjelaskan bahwa dalam wawasan kebangsaan TMMD ke-114 Kodim 1312/Talaud tema yang diangkat “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri” 


Kegiatan pembekalan materi wawasan kebangsaan ini diikuti oleh 60 siswa/siswi dari SMKN 4 Talaud dan SMPN 2 Talaud.


kegiatan tersebut disambut antusias oleh para siswa serta kemauan ingin tahu tentang semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Kapendam berharap segala materi yang diberikan oleh para pembicara dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan para siswa sehari-hari.


Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages