SMK Muhammadiyah 2 dan SD Bopkri Bintaran Yl Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, November 3, 2022

SMK Muhammadiyah 2 dan SD Bopkri Bintaran Yl Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman

Museum Jenderal Besar Sudirman yang beralamat di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta pada hari Kamis tanggal 3 November 2022 menerima kunjungan dari SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SD Bopkri Bintaran Yogyakarta. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2022.

Rombongan SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta terdiri dari 82 siswa-siswi dan 5 guru pendamping, sedangkan SD Bopkri Bintaran Yogyakarta terdiri dari 38 siswa-siswi dan 2 guru pendamping.

 Kunjungan tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan.Namun demikian, para siswa juga mendengarkan dan mengikuti penjelasan pemandu dengan penuh antusias dan semangat.

Terkait dengan tema memperingati Hari Pahlawan. Salah satu Pahlawan Kusuma Bangsa adalah sosok Jenderal Besar Sudirman .Tokoh ini pantas menjadi teladan para generasi muda.

 Pada era teknologi digital seperti sekarang ini, sangat mudah bagi generasi muda dalam memperoleh informasi mengenai sejarah Jenderal Besar Sudirman. Namun akan semakin mudah dalam mengerti dan meresapi nilai-nilai kepahlawanan bila mengunjungi secara langsung Museum Jenderal Besar Sudirman. 

"Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang harus mengenal para Pahlawan Kusuma Bangsa. Salah satu di antaranya adalah sosok pahlawan Jenderal Besar Sudirman, agar menjadi teladan yang baik sehingga mereka dapat meneruskan perjuangan beliau dalam mempertahankan dan mengisi Kemerdekaan RI. Dengan mengenalkan sejarah dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air sehingga akan lebih bijak dalam menentukan masa depan," ungkap Kabalakmusmonpus Kolonel Arm Djati Saptowibowo, S.IP dalam sambutan yang disampaikan oleh Mayor Caj Heru Santoso selaku Kepala Museum Jenderal Besar Sudirman, 

Pemandu menyampaikan pesan-pesan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.
 Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Bahwa Negara Indonesia tidak cukup dipertahankan oleh tentara saja, maka perlu sekali mengadakan kerja sama yang seerat-eratnya dengan golongan serta badan-badan di luar tentara;
2. Pesan di atas mengingatkan kita semua betapa pentingnya kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk membangun bangsa ini bersama-sama;
3. Sejarah merupakan guru yang sangat bijak dalam menentukan masa depan bangsa; serta
4. Jangan pernah tinggalkan sejarah.


No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages