SMP Perwari Trisula 2 Jakarta Berkunjung ke Museum Peta Bogor - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, January 13, 2023

SMP Perwari Trisula 2 Jakarta Berkunjung ke Museum Peta Bogor

Hari Kamis tanggal 12 Januari 2023, sebanyak 182 siswa beserta 20 guru pendamping dari SMP Perwari Trisula 2 Jakarta Pusat berkunjung ke Museum dan Monumen PETA di jln Jenderal Sudirman no 35 Bogor Jawa Barat.

Rombongan siswa tiba di Museum PETA Pkl.11.00 Wib, diterima oleh Kpt Caj Dina Hamdani Nugraha selaku Kepala Museum dan Monumen PETA Bogor.

Kolonel Arm Djati Saptowibowo,S.I.P., selaku Kepala Balakmusmonpus dalam sambutan yang disampaikan oleh Kpt Dina mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMP Perwari Trisula 2 yang telah melakukan kunjungan museum di museum PETA siang ini. Kolonel Djati berharap kunjungan ini bisa menambah wawasan kebangsaan sehingga membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme para siswa selaku generasi muda bangsa.
"Belajarlah dengan rajin, dengan tekun dengan selalu berdoa kepada Allah, mudah²n kalian bisa mewujudkan cita-cita kalian" pesan Kolonel Djati melalui Kpt Dina mengakhiri sambutannya.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Dina, Serka Aldi Yandri, Pns. Pujiono, ibu Ani Sumarni, Ibu Yulied Fatimah, Bpk. Ade Komarudin dan Bpk. Yadi Suryadi untuk melihat koleksi museum PETA secara lebih dekat dan lengkap. Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Dwi Sungkar, salah satu siswa yang ikut dalam rombongan kunjungan ini dalam testimoninya mengaku "Mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik tentang Museum PETA dan mendapat tambahan wawasan tentang sejarah perang kemerdekaan, sejarah tentara PETA, bahkan mendapat ilmu tentang biografi Jenderal Sudirman di museum ini" ujarnya

Sedangkan ibu Eswarini Batra, S. Pd selaku guru pembimbing dalam keterangannya mengatakan:
"Anak-anak mendapat pelayanan dan Nara sumber yang bagus di Museum PETA, serta anak-anak mendapat wawasan baru tentang sejarah kemerdekaan Indonesia serta pelayanan yang maksimal" ujar ibu Batra dengan berapi-api.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum dan Monumen PETA Bogor memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda
2. Museum PETA sudah menjadi bangunan Cagar Budaya, sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan
3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya

Kunjungan siswa SMP Perwari Trisula 2 ke Museum PETA Bogor berlangsung sampai Pkl.13.00 wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.
Foto dokumen kegiatan dan testimoni terlampir.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages