Kasdam XIII/Merdeka Resmi Buka Latsarmil Komcad Matra Darat TA. 2023 - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, May 8, 2023

Kasdam XIII/Merdeka Resmi Buka Latsarmil Komcad Matra Darat TA. 2023



Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara harus dipersiapkan sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama, Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah membuka perekrutan (Komcad) Komponen Cadangan Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara.


Dalam hal ini Kodam XIII/Merdeka telah membuka Latihan Dasar Militer   (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Komponen Cadangan Matra Darat, sebanyak 300 orang.


Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S.Sos., M.Si. yang ditandai dengan penyematan tanda peserta pelatihan secara simbolis kepada perwakilan peserta Latsarmil Komcad Matra Darat, bertempat di Lapangan Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam XIII/Merdeka, Bitung, Senin  (8/5/2023). 


Dalam sambutan tertulis Menteri Pertahanan RI, Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Prabowo Subianto yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S.Sos., M.Si mengatakan 

pembukaan Latsarmil Komcad ini akan  menjadi penanda dimulainya pelatihan serta pemberian materi tentang dasar-dasar kemiliteran. Saudara harus bangga karena menjadi seorang anggota Komponen Cadangan tidaklah mudah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang lulus seleksi,  untuk itu, serap dan ikuti materi yang diberikan para pelatih.


Anggota Komcad nantinya akan disumpah dan dilantik untuk membantu TNI dalam membela bangsa dan negara kesatuan Republik lndonesia. Bergabung menjadi anggota Komcad adalah pilihan yang tepat untuk siap memberi jiwa dan raga membela bangsa dan negara pada saat dibutuhkan, “Menhan RI” juga menyampaikan bahwa, Komponen Cadangan bukan pekerjaan tapi sebuah bukti sikap cinta kita terhadap tanah air,”ungkapnya.


Selain itu “Letjen TNI (Purn) Prabowo”menyampaikan bagi saudara yang memiliki pekerjaan sebagai ASN/Buruh/ Mahasiswa, tidak perlu khawatir karena status saudara selama menjalani masa aktif sebagai anggota Komponen Cadangan tidak menyebabkan pemberhentian/pemutusan hubungan kerja dengan instansi atau perusahaan, termasuk bagi mahasiswa tetap memiliki hak atas pendidikan akademisnya.


Kegiatan pembukaan Latsarmil Komcad ini diikuti sebanyak 2.500 orang, pada tahun 2023, yang  dilaksanakan di beberapa Rayon dan Kodam yang terbagi antara lain: Komponen Cadangan Matra Darat, di Rindam I/Bukit Barisan sebanyak 500 orang, Kodam XIII/Merdeka sebanyak 300 orang, Kodam IX/Udayana sebanyak 500 orang, Kodam XVIII/Kasuari sebanyak 200 orang, sedangkan Matra Udara dilaksanakan di Wingdik 800/Pasgat sebanyak 500 orang, dan Matra Laut dilaksanakan di Komando Pendidikan Marinir, sebanyak 500 orang.


Usai pembukaan Kasdam XIII/Merdeka beserta undangan meninjau alat dan perlengkapan yang di gunakan peserta Komcad selama melaksanakan Latsarmil.


Hadir dalam pembukaan Latsarmil Komcad, antara lain, dari Kemenhan Brigjen TNI Sarwono, B,Sc, S,I,P, PSc., Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos., M.I.P., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, M.M, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka dan Kabalakdam XIII/Merdeka serta Dandim 1310/Bitung.


Autentikasi:

Kolonel Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages