Babinsa Poso Keroyok Petani, Raih Kedaulatan Pangan - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, June 25, 2023

Babinsa Poso Keroyok Petani, Raih Kedaulatan Pangan



Tekad dan harapan masyarakat petani di wilayah Pamona Selatan dan sekitarnya, bercita cita untuk meraih kedaulatan pangan di wilayahnya akan semakin mendekati kenyataan.


Harapan ini bukan tanpa alasan yang kuat, pasalnya, wilayah yang masuk dalam zona kerja Koramil 1307 – 11 Pamona Selatan, kabupaten Poso Sulawesi Tengah itu, setiap aktivitas petani mendapat sentuhan serta dukungan penuh dari para petugas Babinsa yang ada di wilayahnya masing masing.


Tidak tanggung tanggung, dalam waktu sepekan ini ada 5 petugas Babinsa berkolaborasi dengan masyarakat dan kelompok tani dalam berbagai aktivitas pertanian sebagai upaya mendukung tercapainya ketahanan pangan. Hal ini diawali dengan langkah Banbisa desa Uranosari, kecamatan Pamona Barat, Sertu Iskandar, bersama dengan masyarakat kelompok tani setempat, pada Senin 19 Juni 2023, melaksanakan kegiatan gotong royong dalam rangka perbaikan infrastruktur jalan pertanian, berupa penghamparan jalan kelompok tani Mekar desa Uranosari.

Hanya berselang satu hari, tepatnya Selasa 20 Juni 2023, Babinsa Desa Bancea kecamatan Pamona-Selatan, Sertu Asmadi Mbalawo, melaksanakan pendampingan ketahanan Pangan, Tahap Panen Padi,di Hamparan Areal Persawahan Kelompok Tani Binowoi, tepatnya di hamparan lahan sawah milik YK Boang, dengan luas lahan sawah sebesar 0,05 Ha.

Selanjutnya peran Petugas Babinsa Desa korobono kecamatan Pamona-Tenggara kabupaten Poso., Serka Simon Nande , dimana pada Rabu 21 Juni 2023, bertempat di areal hamparan persawahan kelompok Tani Kodina, juga melaksanakan Kegiatan Pendampingan ketahanan Pangan Tahap Panen Padi, di areal sawah milik Apris Tabingke, dengan luas Areal 0,65 Ha.

Hanya jelang satu hari atau tepatnya Kamis 22 Juni 2023, Babinsa Desa Wayura kecamatan Pamona-Tenggara, kabupaten Poso, Serda Nyoman Wartanto, tidak mau ketinggalan, bersama dengan Kelompok Tani Marta Kembang desa Wayura, turut melaksanakan Kegiatan Pendampingan ketahanan Pangan Tahap Panen Padi , di Areal Hamparan Persawahan Kelompok Tani Marta Kembang, di lahan Sawah Milik Ibu Sri dengan luas 0,50 Ha di Desa Wayura.

Terakhir untuk pekan ini, atau Jumat 23 Juni 2023, sosok Babinsa Babinsa Desa Bo'e, kecamatan Pamona-Selatan, kabupaten Poso,
Serda Abner Makawewe, juga menggelar Kegiatan Pendampingan ketahanan Pangan Tahap Penanaman Padi,di Areal Hamparan Persawahan Kelompok Tani Tanjungkulai, di lahan sawah milik petani A. Bintinjaya dengan luas Areal -+0,50 Ha.

Terhadap peran dan aktivitas jajarannya tersebut, PLH koramil 1307 – 11, Serma Wayan Suartika, mewakili komandan Kodim 1307/ Poso, Letkol (Inf) Hasroel Tamin. SH, antara lain menegaskan, akan terus mendorong peran serta jajarannya, agar dapat secara masif dapat mendukung setiap kegiatan yang ada di masyarakat. “Sehingga hal ini sejalan dengan amanat dan instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, agar setiap Personil TNI, khususnya Matra Darat dapat menjadi Solusi bagi masyarakat disetiap tempat mereka bertugas” ungkap Koramil Pamona Selatan Ini.

sumber :
https://readnews.id/babinsa-keroyok-petani-raih-kedaulatan-pangan/

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages