Outing Class SMP Negeri 2 Ciamis Kunjungi Museum Dharma Wiratama - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, December 18, 2023

Outing Class SMP Negeri 2 Ciamis Kunjungi Museum Dharma Wiratama

Outing Class merupakan kegiatan belajar yang diadakan di luar kelas seperti  pada umumnya, sebagaimana yang dilakukan oleh 297  siswa SMP Negeri 2 Ciamis, Jawa Barat dengan para guru pendampingnya sengaja mengunjungi bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1904 dan kini gedung tersebut digunakan sebagai Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama yang berada di Jalan Jenderal Soedirman No.75 Yogyakarta.
Rombongan para siswa dari SMP Negeri 2 Ciamis Jabar setibanya di Museum Dharma Wiratama pada hari Senin tanggal 18 Desember 2023 langsung diterima Kapten (K) Caj  Yanti selaku kepala Museum Dharma Wiratama. Ucapan selamat dan dan terimakasih yang memilih Museum Dharma Wiratama sebagai salah satu tempat outing class. Selanjutnya rombongan tersebut setelah dibagi menjadi beberapa kelompok para siswa dengan senangnya para siswa memasuki museum dengan mendapat pendampingan pemanduan. Dengan seriusnya para siswa mulai memperhatikan berbagai macam koleksi museum dari lorong ke lorong, dan cukup banyak para siswa yang mengajukan berbagai pertanyaan kepada para pemandu, hal inilah sebagai bukti keseriusan para siswa dalam memperhatikan para pemandu dan barang museum.

Kegiatan pembelajaran dengan media di luar kelas seperti pada umumnya dengan mengunjungi museum merupakan kegiatan cukup efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung, 

Kegiatan outing class para Siswa SMP Negeri 2 Ciamis dengan mengunjungi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama adalah untuk memberikan kesempatan kepada para siswanya agar dapat menjelajahi dunia luar dan menggali pengalaman baru, wawasan dan pengetahuan di luar lingkungan sekolah yang relevan dengan berbagai materi pelajaran yang telah dilaksanakan di dalam kelas.

Salah satu guru pendamping SMP Negeri 2 Ciamis, menyampaikan bahwa belajar di luar kelas seringkali melibatkan tantangan dan situasi baru yang membutuhkan para siswa  untuk keluar dari zona nyaman tentunya, pengalaman seperti itulah yang akan bisa mengasah keterampilan adaptasi, menghadapi ketidakpastian, dan membangun rasa percaya diri dalam menghadapi situasi yang baru dan tidak biasa oleh para siswanya, untuk itulah kita bawa ke Museum Dharma Wiratama agar para siswa dapat meneladani para pejuang dan pendiri bangsa.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages