Pangdam XIII/Merdeka Irup Hari Juang Infanteri Ke-75 di Palu - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, December 19, 2023

Pangdam XIII/Merdeka Irup Hari Juang Infanteri Ke-75 di Palu



Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Juang Infanteri Ke-75 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Mayonif 711/Raksatama, Jl. Emmy Saelan, Tatura Sel, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Selasa (19/12/2023). 


Peristiwa tanggal 19 Desember 1948, memiliki nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang memenangkan pertempuran Ambarawa dalam menghadapi tentara Belanda sehingga diabadikan sebagai hari Juang Infanteri. Peristiwa menarik dibalik hari Juang Infanteri mempunyai arti yang penting karena bangsa Indonesia dengan mati-matian merebut kembali kota Ambarawa dan berhasil memukul mundur sekutu. 


Komandan Pussenif Letjen TNI Dr Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Hari Juang Infanteri merupakan simbol kejayaan dan kemuliaan Korps yang harus dijunjung tinggi, karena Korps Infanteri adalah korps terbesar di TNI Angkatan Darat. 


“Namun demikian dalam upaya memenangkan suatu pertempuran atau peperangan, korps Infanteri harus bekerja sama dan bersinergi dengan semua kecabangan, karena semua kecabangan memiliki peran masing-masing dalam setiap pertempuran,” imbuhnya.  


Danpussenif menambahkan bahwasanya prajurit korps Infanteri harus bersama dengan rakyat, karena hanya bersama rakyat prajurit korps Infanteri akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.


“Kerja sama dan sinergitas TNI-Rakyat harus terus ditingkatkan karena tantangan bagi eksistensi bangsa dan negara ke depan akan lebih berat dan kompleks,” tutup Letjen Anton. 


Tema hari Juang Infanteri tahun ini adalah “Infanteri yang Profesional, Modern dan Dicintai Rakyat”.         


Turut hadir, Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.I.P., Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos., M.I.P., Danrem 133/NW Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M, M.I.P., dan Danyonif 711/Raksatama Letkol Inf Andi Irsan, M.Han.  


Autentikasi: 

Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages