Field Study MTsN 15 Ciamis Kunjungi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, January 10, 2024

Field Study MTsN 15 Ciamis Kunjungi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama



Field Study MTsN 15 Ciamis Jabar pada hari  Rabu 10 Januari 2024 melaksanakan kunjungan ke Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta. 


Setelah melaksanakan sholat Duhur di musholla  selanjutnya para siswa/wi tersebut mendapatkan arahan dari Kamus Dharma Wiratama Kapten (K) Caj Yanti. Dalam arahannya Kepala Museum meminta kepada para siswa/wi lebih selektif dalam mencermati perkembangan globalisasi dewasa ini, sebab dengan perkembangan dunia yang semakin melesat, menuntut manusia untuk menciptakan inovasi baru,  seluruh lapisan masyarakat  dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi  melalui jaringan internet. Tetapi dengan globalisasi tersebut tentunya juga  dapat berdampak negatif terhadap perilaku manusia terutama bagi anak - anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Terhadap budaya yang datang dari luar misalnya apakah sesuai dengan budaya bangsa Indonesia yang sangat erat memegang kesantunan atau justru sebaliknya akan merusak nasionalisme dan moral masa depan bangsa ?. Membawa anak didik ke museum adalah yang menjadi jawaban yang paling tepat, untuk itu sebagai Kamus di sini saya menyampaikan mewakili dari Kabalakmusmonous Disjarahad Kolonel Inf Budi Mawardi Syam menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi yang setinggi- tingginya kepada para guru  MTsN 15 Ciamis Jabar pada hari Rabu tanggal 10 Januari 2024 yang telah mengajak  230 orang  siswanya untuk mengunjungi museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta yang ada di jalan Jenderal Sudirman No. 75 Yogyakarta.


Sebab dengan mengunjungi museum Dharma Wiratama ini tentunya selain mendapatkan pendidikan dan pengalaman baru mengenai berbagai koleksi senjata yang digunakan pada masa perjuangan mengusir penjajah, peristiwa  8 Palagan, peristiwa kekejaman pemberontakan dan masih banyak lagi peristiwa  yang dapat mengedukasi para pengunjung, namun paling utama adalah dengan mengunjungi museum tentunya akan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme kepada anak- anak.

Menyikapi kondisi saat ini yang serba terbuka  Kabalakmusmonpus Disjarahad Kolonel Budi Mawardi Syam selalu menekankan Kepada para Kepala Museum agar terus menyampaikan pesan moral kepada semua pengunjung untuk faham terhadap sejarah perjalanan bangsa sehingga tidak mudah untuk dibelokkan  hanya untuk kepentingan suatu kelompok tertentu.

Setelah mendapat arahan dan dibagi dalam kelompok selanjutnya 230 orang siswa dari MTsN  15 Ciamis Jabar dengan mendapat pemanduan diizinkan memasuki Museum Dharma Wiratama untuk melihat berbagai koleksi yang dipamerkan secara utuh.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages