Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, S.E. "Tanamkan Kepada Generasi Muda Untuk Mencintai Museum - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, January 2, 2024

Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, S.E. "Tanamkan Kepada Generasi Muda Untuk Mencintai Museum

Kadisjarahad  Brigjen TNI Arif Cahyono ,S.E pada tanggal 2 Januari 2024 dan Ketua Persit KCK Ranting 6 Disjarahad Cabang III PG Mabesad Ny Ira Arif Cahyono melaksanakan kunjungan kerja ke Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama yang berada di Jln. Jenderal Soedirman No. 75 Yogyakarta.

Dalam kunjungannya Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, S.E didampingi Kabalak Musmonpus Kolonel Inf Budi Mawardi Syam berkenan melihat berbagai barang koleksi yang berada di Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama dari PNS Supartiyono.

PNS Supartiyono yang berperan sebagai pemandu menyampaikan kepada Kadisjarahad tentang peran gedung bangunan tahun 1904 yang sekarang sebagai Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama adalah  merupakan gedung yang pernah menjadi saksi peristiwa pemilihan Pimpinan Tertinggi TKR, Jenderal Besar Sudirman saat itu yang terpilih,  Sebagai tempat Letjen Urip Sumoharjo dalam meletakkan dasar organisasi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (saat ini dikenal dengan TNI) dan sebagai pusat perkantoran Makorem 072/Pamungkas, serta pernah menjadi saksi peristiwa penghianatan  G 30/S/PKI. Akhirnya gedung yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 47 tersebut karena melihat latar belakangnya yang  pernah menjadi Markas Tertinggi TKR oleh Kasad  Jenderal Poniman dan dikeluarkannya surat perintah Nomor: Sprin/823/U/1980 tanggal 27 Mei 1980 gedung bekas Makorem 072/Pamungkas tersebut diserahkan pengelolaannya kepada Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) dan dijadikan sebagai museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama sampai sekarang.

Selanjutnya dalam arahannya Kadisjarahad menceritakan tentang bagaimana negara Vietnam yang begitu menjaga perjalananan sejarah bangsanya terutama dalam perang melawan Amerika  yang dikemas dalam museumnya, hal tersebut dilakukan adalah agar museum di negara Vietnam tersebut dapat berperan dalam membangkitkan dan membakar semangat juang para pemudanya.

Untuk itu beliau meminta agar semua anggota yang berdinas di museum  harus profesional, harus banyak belajar untuk menguasai materi dan mempunyai kreatifitas dalam memajukan museum sehingga dengan demikian museum yang kita miliki dapat berperan dalam pembangunan karakter anak bangsa dalam membangkitkan nilai-nilai  kejuangan bangsa Indonesia. Bangkitkan semangat anak muda untuk dapat mencintai para pahlawan bangsa dengan cara bagaimana generasi muda dapat mencintai museum.

Diakhir sambutannya Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, S.E  yang berkenan melepas PNS Sutinah S.E anggota yang memasuki masa pensiun  meminta kepada Persit walaupun mempunyai hak pilih di tahun politik ini agar bersikap netral dan pilihlah sesuai hati nurani masing-masing, serta jangan ada memanfaatkan museum sebagi kegiatan politik dari manapun, jaga netralitas TNI dengan mempedomani petunjuk Pimpinan Angkatan Darat" tegas Kadisjarahad.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages