Kunjungan Kerja Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, SE Di Museum Jenderal Besar Sudirman - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, January 2, 2024

Kunjungan Kerja Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, SE Di Museum Jenderal Besar Sudirman

Hari Selasa, 2 Januari 2024 Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, SE., kunjungan kerja ke Museum Jenderal Besar Sudirman didampingi oleh Kabalakmusmonpus Kolonel Inf Budi Mawardi Syam, Kabagkolpameran Letkol Inf Tasdiq Prawoto, S.Ag., dan dipandu oleh Myr Caj Heru Santoso.

Beliau sangat terkesan dengan perjuangan Pangsar Jenderal Sudirman yang sangat luar biasa berlatar belakang seorang pendidik/guru kemudian masuk militer dan sangat ahli di bidang taktik tempur yang mampu mengalahkan Sekutu dalam pertempuran Palagan Ambarawa serta mengalahkan Belanda dengan taktik Perang Gerilya meskipun beliau dalam kondisi sakit paru-paru. 

Kalau dianalogikan sekarang Jenderal Sudirman tidak mungkin menang melawan Belanda,  karena dari segi persenjataan kalah jauh dengan persenjataan yang dimiliki oleh Belanda yang telah memiliki persenjataan yang sangat modern, dari kemampuan prajuritnya pasukan Belanda lebih terlatih, kemudian dari sarana prasarana tempur Belanda lebih lengkap, akan tetapi fakta sejarah membuktikan Jenderal Sudirman mampu mengalahkan Belanda dengan cara Perang Gerilya selama 7 bulan lamanya. 

Kemenangan Jenderal Sudirman tidak lain adalah karena beliau dalam berjuang dengan niat yang suci, kemudian beliau juga mengamalkan falsafah hidup 5 setia  yaitu:

1. Setia Akidhah yaitu setia kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Setia Ibadah yaitu kita harus menjalankan semua perintah Nya dan meninggalkan semua larangan Nya.
3. Setia Ilmu hendaknya ilmu itu digunakan hanya untuk kebaikan dan kebenaran. 
4. Setia Berkorban yaitu kita hidup itu bertujuan bukan untuk mendapatkan sesuatu melainkan bagaimana caranya bermanfaat untuk orang banyak. 
5. Setia Perjuangan yaitu kita selagi masih hidup ini masih laku berjuang untk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa ini yaitu menciptakan masyarakat adil dan makmur, makmur diatas keadilan. 

Kemudian Kadisjarahad Brigjen TNI Arif Cahyono, SE menyampaikan pesan kepada  kita semua agar dapat meneladani nilai² luhur yang ditinggalkan oleh Pangsar Jenderal Sudirman dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages