Pentingnya Upacara Hari Senin Untuk Menumbuhkan Disiplin Semangat Nasionalisme - JAYASAKTI NEWS -->

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya | MANADO

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, July 25, 2022

Pentingnya Upacara Hari Senin Untuk Menumbuhkan Disiplin Semangat Nasionalisme


PendamXIII/Merdeka,-Setiap hari Senin pada umumnya disatuan-satuan TNI lainnya rutin menggelar upacara tak terlepas juga di Kodam XIII/Medeka, sebelum masuk kantor untuk memulai bekerja seluruh Pajurit dan Pns Kodam XIII/Merdeka tetap semangat melaksanakan upacara yang bertujuan untuk menumbuhkan disiplin semangat nasionalisme.


Kegiatan upacara bendera ini di selenggarakan di Lapangan upacara Makodam XIII/Merdeka dan bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Asisten Perencanaan Kodam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, Senin (25/7/2022)


Upacara adalah salah satu bentuk kegiatan yang mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Saat menghormat kepada bendera dengan iringan lagu Indonesia Raya, mencerminkan cinta kepada tanah air bangsa dan negara Republik Indonesia sekaligus bangga dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Upacara bendera ini diikuti oleh seluruh personel Kodam XIII/Merdeka baik dari Asisten, Kabalak, Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS. Disamping menumbuhkan sikap kedisiplinan prajurit kegiatan ini juga mengajarkan untuk mengenang jasa dan mendoakan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, karena jasa para pahlawan kita yang berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

 

Rangkaian upacara tersebut dimulai dengan laporan perwira upacara kepada Irup, dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Irup, laporan Komandan upacara, pengibaran sang merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks pancasila, pengucapan sapta marga, dan di tutup dengan pembacaan do’a. 


Sebagai kegiatan tambahan selesai upacara bendera seluruh kelompok upacara mulai dari Kompi Pamen, Pama, Bintara-Tamtama dan PNS melaksanakan defile. Latihan defile ini rutin dilakukan setiap selesai upacara untuk melatih kekompakan dan kebersamaan dalam baris-berbaris.


Autentikasi:

Kolonel Inf Jhonson M. Sitorus

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages