Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Pahlawan - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, November 10, 2022

Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Pahlawan


PendamXIII/Merdeka,-Peristiwa yang terjadi 10 November 1945 di Kota Surabaya menjadi bukti besarnya pengorbanan para pejuang, memberikan jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk kembali mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam hari bersejarah tersebut diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan. Pada pagi ini, Kodam XIII/Merdeka telah melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022) Manado.

 

Upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut dipimpin langsung oleh Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Inf Drs. Theodorus Kawatu bertindak selaku inspektur upacara (Irup) yang diikuti oleh seluruh personel Kodam XIII/Merdeka baik pejabat utama, para Asisten, Kabalakdam XIII/Merdeka, serta seluruh Prajurit dan PNS.


Upacara Hari Pahlawan diawali dengan Penghormatan kepada Irup, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, Pembacaan teks Pancasila oleh Irup, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Pembacaan pesan-pesan perjuangan pahlawan, Pembacaan sambutan Menteri Sosial, Pembacaan doa, Andhika Bhayangkari dan di tutup dengan laporan akhir Danup.


Dalam sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang dibacakan Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa, dengan berbekal bambu runcing para pahlawan dengan semangat bergerak, serempak menghadang musuh, rakyatpun bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama dan pejuang se-Nusantara melebur menjadi satu “Hidup atau Mati” kiranya jadikan semangat para pahlawan terdahulu dengan kita peringati Hari Pahlawan tahun ini.


Janganlah kita mau dipecah belah ingatlah seloka Bhinneka Tunggal Ika mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, jadikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,”terang Risma.


Kapoksahli dalam sambutannya Mensos juga menambahkan, mari kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.


Upacara Hari Pahlawan ini dilaksanakan dengan sederhana tertib dan khidmat dengan memupuk rasa kebersamaan mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur.


Autentikasi: 

Letkol Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages