Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2023 - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, May 22, 2023

Kasdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2023



Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itulah, gerakan perjuangan Indonesia bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Demikian sambutan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I yang di bacakan Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S. Sos., M.Si.,  saat Irup upacara Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 di Makodam, Manado, Senin (22/5/22023)


Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.


Kasdam juga menyampaikan, tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca-pandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. 


“Mengutip perkataan dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”


Dengan semangat yang sama, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan, "jelas Kasdam.


Upacara tersebut diikuti oleh seluruh personel Kodam XIII/Merdeka mulai dari Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS, sebagai salah satu wujud untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.


Rangkaian upacara tersebut dimulai dengan laporan perwira upacara kepada Irup, dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Irup, laporan Komandan upacara kepada irup, pengibaran sang merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks pancasila, pembacaan UUD 1945 pembacaan amanat oleh Irup dan di tutup dengan pembacaan do’a. 


Autentikasi:

Kolonel Arm Beny H. Suwardi, S.Sos. M.A.P

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages