MI Ma'Arif Pijenan Bantul Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, September 2, 2023

MI Ma'Arif Pijenan Bantul Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama

**
Hari Jumat, tanggal 1 September 2023, sebanyak 72 di orang terdiri dari 65 siswa beserta 7 guru pendamping dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif Pijenan, Pandak, Bantul, Yogyakarta berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta. 
Rombongan tiba di museum Dharma Wiratama pkl.10.00 Wib. diterima oleh PNS Sutinah mewakili Kepala Museum Dharma Wiratama.

Kunjungan MI Ma'arif Pijenan, Pandak, Bantul ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama dapat terselenggara atas inisiasi dan supervisi serta kerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dalam program Wajib Kunjung Museum (WKM) Mandiri.

Wajib Kunjung Museum ( WKM) adalah salah satu Program unggulan dan prioritas yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY beserta jajaran dalam upaya mempromosikan museum yang berada di wilayah DIY yang tergabung dalam Badan Musyawarah Museum ( Barahmus) Yogya, kepada masyarakat Yogya termasuk d anak² sekolah. 

*Museum Di Hatiku* adalah tagline yg didengungkan oleh Dinas Kebudayaan guna mendekatkan dan mensosialisasikan museum bagi masyarakat dan para pelajar di Yogyakarta.

Pns Sutinah dalam sambutannya berterima kasih kepada sekolah MI Ma'arif Pijenan, Pandak, Bantul dan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY yang menjadikan Museum Dharma Wiratama sebagai destinasi kunjungan siswa.

 Pns Sutinah berharap kerjasama ini akan terus berlangsung krn selaras dgn fungsi Museum Dharma Wiratama sebagai media inspirasi rekreasi dan edukasi.

 Pns Sutinah juga menjelaskan tentang Struktur Organisasi Museum Dharma Wiratama dan nama pejabat Kepala Balakmusmonpus.

"Kolonel Arm Djati Saptowibowo, S.IP. adalah pejabat Kabalakmusmonpus sekarang ini" ungkap PNS Sutinah mengakhiri sambutannya.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Pns Wiwik serta dibantu mahasiswa Stipram, yg sedang Praktek Kerja Lapangan ( PKL) di Museum Dharma Wiratama, untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dan lengkap.

Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Pesan moral yang bisa dipetik dari kunjungan di museum Dharma Wiratama adalah:
1. Museum Dharma Wiratama adalah museum sejarah yang memiliki fungsi mewariskan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda.
2. Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dilestarikan.
3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kunjungan siswa MI Ma'arif Pijenan, Pandak, Bantul ke Museum Dharma Wiratama berlangsung sampai pkl.11.00 Wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages