Rihlah Ilmiah MAN 1 Darussalam Ciamis Kunjungi Museum Dharma Wiratama - JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS

JAYASAKTI NEWS | Berimbang, Terpecaya, Aktual |

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, January 23, 2024

Rihlah Ilmiah MAN 1 Darussalam Ciamis Kunjungi Museum Dharma Wiratama


Museum Dharma Wiratama pada hari Selasa tanggal 23 Januari 2024 mendapat  kunjungan dar ratusan siswa MAN I Darussalam Ciamis, Jabar. Kunjungan tersebut dalam rangka rihlah Ilmiah atau dengan  makna yang sama yaitu study tour. Kegiatan belajar di luar kelas tersebut dalam rangka refreshing/hiburan di tengah kepenatan sekolah. Kegiatan rihlah 'ilmiah tersebut  tentu harus memiliki tujuan pendidikan yang bermakna, yaitu agar para siswa bersemangat dalam belajar dan membiasakan  kepada para siswanya untuk dapat belajar berinteraksi secara langsung dengan lingkungan di luar kelas serta bertambahnya  wawasan dan pengalaman baru terhadap obyek yang dilihat atau diamati para siswanya.


Rombongan Siwa MAN I Darussalam Ciamis yang berjumlah  289 orang 48  orang guru dan pendukung tersebut setelah  diterima Serma Setyo di aula selanjutnya didampingi para pemandu lainnya  untuk memasuki museum.


Kabalakmusmonpus Disjarahad dalam arahannya yang disampaikan oleh Kamus maupun para pemandu menyampaikan bahwa dengan mengunjungi tempat baru 
seperti museum sudah barang tentu banyak manfaat yang dapat dipetiknya oleh para siswa maupun guru, karena kegiatan refleksi dengan mengunjungi Museum Dharma Wiratama tentu akan memberikan umpan balik, baik secara lisan maupun tertulis, maupun sikap para siswanya setelah  mereka melihat berbagai koleksi museum dan mendapat penjelasan dari para pemandu seperti semangat sikap nasionalisme, sikap berani dan rela berkorban dan berani berbuat jujur  sebagaimana yang diajarkan oleh para pahlawan kusuma bangsa.




Setelah para siswa secara bergantian memasuki museum rombongan siswa dari MAN I Darussalam Ciamis  tersebut selanjutnya melaksanakan perjalanan untuk mengunjungi tempat bersejarah Candi Prambanan.

No comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages